6 Negara Asia yang Rawan Gempa, Ada Indonesia?

Senin, 25 Maret 2024 - 14:35 WIB
loading...
A A A
Kondisi tersebut membuat wilayah China sangat aktif secara seismik. Global Facility for Disaster Reduction and Recovery mencatat sekitar sepertiga gempa bumi destruktif kontinental di dunia terjadi di negara tersebut.

4. Iran


Iran juga sering dilanda bencana alam berupa gempa bumi. Alasannya mungkin berkaitan dengan lokasinya yang berada di sepanjang berbagai batas lempeng dan garis patahan, sehingga terjadi aktivitas seismik berfrekuensi tinggi di wilayahnya.

5. Filipina


Mengingat lokasi kepulauannya yang berada di Cincin Api Pasifik, Filipina juga rentan dilanda bencana alam. Mereka pun menghadapi bahaya tambahan berupa tsunami yang bisa dipicu oleh gempa bumi.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina melaporkan bahwa sejak awal 2024, sudah ada ada beberapa gempa bumi berkekuatan 5 atau lebih tinggi yang mengguncang negara. Salah satunya bahkan mencapai kekuatan 6,7 SR.

6. Turki

Kemudian, ada Turki. Aktivitas seismik negara ini dipicu karena lokasinya yang dekat dengan beberapa jalur patahan besar.

Berada di antara Lempeng Eurasia dan Lempeng Afrika-Arab, sebagian besar wilayah Turki berpotensi mengalami guncangan pada tingkat tertentu setiap tahunnya. Menurut para ahli, negara yang berbatasan dengan dua garis patahan dan penuh dengan bangunan-bangunan tua yang belum diperkuat seperti Turki akan sangat berisiko jika terjadi gempa bumi.

Demikianlah ulasan mengenai sejumlah negara Asia yang rawan gempa.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)