alexametrics

PBB Desak Saudi Bebaskan Para Aktivis HAM

loading...
PBB Desak Saudi Bebaskan Para Aktivis HAM
Para ahli di Dewan HAM PBB mendesak Arab Saudi untuk segera dan tanpa syarat membebaskan semua aktivis wanita yang mereka tahan. Foto/Istimewa
A+ A-
JENEWA - Para ahli di Dewan HAM PBB mendesak Arab Saudi untuk segera dan tanpa syarat membebaskan semua aktivis wanita yang mereka tahan. Saudi setidaknya menahan enam orang pembela HAM wanita di negara itu.

Para ahli, termasuk Michel Forst, pelapor khusus pada situasi pembela HAM, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Israa Al-Ghomgham, Samar Badawi, Nassima Al-Sadah, Nouf Abdulaziz, Mayya Al-Zahrani, dan Hatoon Al-Fass telah ditangkap dalam penahanan pra-ajudikasi selama empat bulan terakhir.

"Kami mengutuk dalam hal yang paling kuat tindakan pihak berwenang Saudi terhadap para pembela HAM wanita ini dan kami menyerukan kepada mereka, sebagai hal yang mendesak, untuk segera membebaskan dan mencabut tuduhan terhadap mereka semua," kata para ahli, seperti dilansir Anadolu Agency pada Jumat (12/10).

Mereka juga mengingatkan Pemerintah Saudi tentang kewajibannya untuk melindungi dan mempromosikan hak-hak semua pembela HAM, karena para aktivis ini secara damai melaksanakan aksi mereka.

"Dalam konteks diskriminasi gender yang meluas dan sistemik, para pembela HAM ini menghadapi risiko tertentu, terutama ketika pekerjaan mereka menantang gagasan-gagasan stereotip tentang tempat perempuan di masyarakat, seperti dalam kasus ini," tukasnya.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak