Ini Bukti Ukraina Hanya Jadi Penampungan Armada Militer Eropa yang Sudah Uzur

Kamis, 21 Maret 2024 - 19:06 WIB
loading...
Ini Bukti Ukraina Hanya Jadi Penampungan Armada Militer Eropa yang Sudah Uzur
Spanyol akan mengirim tank leopard tua ke Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Spanyol akan menyumbangkan hingga 20 tank tempur utama Leopard 2A4 ke Ukraina, menambah sepuluh tank yang dikirim tahun lalu. Spanyol mempunyai persediaan lebih dari 100 kendaraan yang diproduksi pada akhir tahun 1980an.

Berita ini pertama kali dilaporkan oleh media ABC Spain, setelah Perdana Menteri Pedro Sanchez memimpin pertemuan tingkat tinggi dengan para eksekutif kontraktor pertahanan nasional.

Tahun lalu, Sanchez mengizinkan sumbangan sepuluh tank rancangan Jerman ke Kiev meskipun ada keberatan dari Podemos, mitra koalisi junior partai sayap kirinya pada saat itu.

Pengiriman baru tersebut akan diambil dari tempat penyimpanan, tempat penyimpanannya selama satu dekade terakhir, dan diperbaharui di sebuah pabrik di Seville sebelum dipindahkan ke Kiev, kata ABC. Laporan tersebut tidak memberikan batas waktu tertentu, namun mengatakan pengiriman akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang.

Daftar bantuan militer Spanyol sebelumnya ke Ukraina diungkapkan oleh Menteri Perdagangan Xiana Mendez awal pekan ini. Media lokal memperkirakan nilai persenjataan tersebut sebesar €133 juta (USD145 juta). Daftar tersebut mencakup barang-barang mulai dari kacamata penglihatan malam hingga sepuluh tank Leopard, yang dikirim oleh Kementerian Pertahanan antara Maret 2022 hingga akhir Februari tahun ini.



Forbes mencatat bahwa sumbangan baju besi baru telah diantisipasi, mengingat pada tahun 2022 Spanyol memiliki lebih dari 100 unit Leopard 2A4 antik yang diperoleh dari kelebihan stok Jerman pada tahun 1998. Santa Barbara Sistemas, pabrikan yang mengoperasikan pabrik di Seville, telah memproduksi lebih banyak kendaraan lapis baja. dari 200 tank Leopard versi 2E yang lebih baru.

Ditambah dengan 14 tank Leopard 2A4 tambahan yang dijanjikan oleh Jerman dan Belanda, sumbangan Spanyol akan memungkinkan Brigade Mekanik ke-33 Kiev untuk mengisi kembali armadanya yang terkikis oleh kekalahan dan kerusakan di medan perang, kata majalah itu.

Moskow telah memperingatkan bahwa bantuan militer Barat apa pun yang diterima Ukraina tidak dapat mengubah hasil konflik. Mereka memandang permusuhan tersebut sebagai bagian dari perang proksi yang dipimpin AS terhadap Rusia dan menyatakan bahwa mereka tidak akan berkompromi dengan tujuan keamanan nasionalnya.

“Bagi kami [konflik Ukraina] adalah masalah hidup dan mati; bagi mereka ini adalah masalah meningkatkan posisi taktis mereka [secara global dan di Eropa],” kata Presiden Vladimir Putin dalam sebuah wawancara pekan lalu.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0975 seconds (0.1#10.140)