Kepala Pentagon: Kelangsungan Hidup Ukraina dalam Bahaya!

Rabu, 20 Maret 2024 - 09:39 WIB
loading...
Kepala Pentagon: Kelangsungan Hidup Ukraina dalam Bahaya!
Kepala Pentagon Lloyd Austin (kiri) sebut kelangsungan hidup Ukraina sedang berada dalam bahaya. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Kelangsungan hidup Ukraina sedang berada dalam bahaya. Demikian peringatan yang dikeluarkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Kepala Pentagon Lloyd Austin.

Austin, pada Selasa waktu Amerika, mengatakan kelangsungan hidup Ukraina dapat dipertaruhkan kecuali negara-negara Barat mengirimkan lebih banyak bantuan militer.

Komentarnya itu disampaikan ketika dia berada di Jerman untuk menghadiri pertemuan Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina di Pangkalan Udara Ramstein.

“Saat ini, kelangsungan hidup Ukraina berada dalam bahaya dan keamanan Amerika dalam bahaya,” kata Austin pada konferensi pers setelah pertemuan tersebut, sebagaimana dilansir Russia Today, Rabu (20/3/2024).



"Menjaga agar senjata, peralatan dan amunisi tetap mengalir adalah masalah kelangsungan hidup dan kedaulatan Ukraina dan masalah kehormatan dan keamanan bagi Amerika," paparnya.

Dia tidak mengatakan bagaimana AS bermaksud mendukung Ukraina tanpa dana tambahan. Rancangan Undang-Undang (RUU) yang akan memberikan bantuan lebih dari USD60 miliar kepada Kyiv masih tertahan di Dewan Perwakilan Rakyat AS karena ditentang Partai Republik.

“Tidak adanya tindakan AS telah mengakibatkan Ukraina kehilangan kekuatan di medan perang," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre.

Presiden AS Joe Biden, seorang politisi Partai Demokrat, telah berusaha menekan Ketua DPR dari Partai Republik Mike Johnson untuk menyetujui pendanaan Ukraina selama berbulan-bulan, namun sejauh ini tidak membuahkan hasil.

Setelah pertemuan Ramstein, Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius mengumumkan paket senjata dan amunisi untuk Kyiv senilai €500 juta (USD543 juta).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1228 seconds (0.1#10.140)