Mengapa Makin Banyak Warga Kulit Hitam AS Mendukung Donald Trump?

Selasa, 19 Maret 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Dixiecrats mengadakan konvensi terpisah di Birmingham, Alabama pada bulan Juli 1948, di mana mereka mencalonkan Gubernur Carolina Selatan Strom Thurmond, seorang penganut segregasionis yang setia, sebagai presiden dengan apa yang mereka sebut sebagai tiket “Hak Negara” yang menyerukan hak untuk mempertahankan segregasi. Meskipun Thurmond memenangkan lebih dari 1,1 juta suara populer pada pemilihan presiden tahun 1948, jumlah ini hanya berarti 2,4 persen suara yang diberikan dan dia akhirnya dikalahkan oleh Trump, yang memenangkan 303 suara elektoral dibandingkan Thurmond yang memperoleh 39 suara. Thomas Dewey, kandidat dari Partai Republik, memperoleh 189 suara.

Partai Demokrat selanjutnya meraih suara Kulit Hitam pada tahun 1964 dengan disahkannya Undang-Undang Hak Sipil dan Undang-Undang Hak Pilih tahun 1965 di bawah Presiden Demokrat Lyndon B Johnson.

Setelah menandatangani undang-undang hak-hak sipil menjadi undang-undang, Johnson meramalkan reaksi negatif dari kelompok kulit putih di wilayah Selatan ketika dia mengatakan: “Kita telah kehilangan wilayah Selatan selama satu generasi.”

Untuk memperlebar kesenjangan antara kelompok kulit hitam dan kulit putih, Richard Nixon, seorang anggota Partai Republik, menerapkan apa yang pada saat itu dikenal sebagai “Strategi Selatan” ketika ia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 1968 dan 1972. Strategi ini dirancang untuk menarik pemilih kulit putih pada tahun 1968 dan 1972. Selatan yang kecewa dengan pendirian Partai Demokrat mengenai hak-hak sipil dan integrasi ras.


3. Tren Politik Berubah, Republik Makin Dicintai Warga Afro-Amerika

Mengapa Makin Banyak Warga Kulit Hitam AS Mendukung Donald Trump?

Foto/Reuters

Jajak pendapat Gallup tahun lalu menunjukkan bahwa proporsi orang dewasa berkulit hitam di AS yang menganggap diri mereka Demokrat telah menurun dari 77 persen pada tahun 2020 menjadi 66 persen.

Pemilih kulit hitam saat ini bekerja lebih independen dibandingkan generasi sebelumnya, terutama pemilih muda kulit hitam. Pada pemilu sela tahun 2022, Biden sebagian besar mempertahankan suara orang kulit hitam, namun terdapat pergeseran besar di antara pemilih kulit hitam yang memilih Partai Republik – dari 8 persen pada pemilu sela empat tahun sebelumnya menjadi 14 persen pada tahun 2022.

Secara historis, warisan Partai Demokrat dengan Gerakan Hak-Hak Sipillah yang membuatnya tetap populer di kalangan pemilih kulit hitam. Namun, pemilih kulit hitam yang lebih muda tidak memiliki keterikatan warisan hak-hak sipil yang sama.

“Saya pikir generasi pemilih kulit hitam tertentu tidak memiliki pengalaman langsung dengan gerakan hak-hak sipil atau pengetahuan tentang hal-hal tersebut, karena bagi mereka hal itu bukanlah kenangan, melainkan sejarah,” kata Adolphus Belk, ilmuwan politik di Universitas Winthrop. “Mereka datang tanpa memahami kontur dan perubahan sejarah, keterbatasan, peluang.

“Dan rasa frustrasi tersebut terlihat jelas dalam meningkatnya persentase pemilih kulit hitam yang memiliki pandangan berbeda terhadap Partai Republik secara umum, dan mengeksplorasi beberapa keingintahuan terhadap Trump, terlepas dari latar belakang rasialnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1732 seconds (0.1#10.140)