10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Selasa, 19 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
A A A
Dulunya digunakan sebagai tempat pelatihan prajurit samurai, Camp Fuji adalah salah satu instalasi militer tertua di dunia. Sekitar dua jam dari Tokyo di pulau Honshu, instalasi ini terletak di kaki Gunung Fuji — sesuai dengan namanya — dan terutama dijalankan oleh Korps Marinir Amerika Serikat. Namun, tempat ini juga digunakan oleh Pasukan Bela Diri Darat Jepang dan menjadi tuan rumah Pusat Pemuda Nasional Jepang.

Selama bertahun-tahun, gedung ini mengalami sejumlah renovasi dan pembaruan, termasuk barak tambahan, gedung pemeliharaan, klinik medis, dan kantor pos. Modernisasi ini menjadikannya instalasi yang lebih menyenangkan bagi anggota militer dan warga sipil yang tinggal di sini. Pangkalan ini mencakup hampir 33,400 hektar dan fasilitas pelatihan seluas lebih dari 300 hektar.

9. Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Foto/Reuters

Ditemukan di lepas pantai paling selatan Amerika Serikat di Kuba adalah Stasiun Angkatan Laut Teluk Guantanamo. Juga dikenal sebagai Gitmo, Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo telah disewa oleh Amerika Serikat selama lebih dari 120 tahun, sejak tahun 1903. Sejak itu, Pangkalan Angkatan Laut Teluk Guantanamo digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk pelatihan armada, operasi migran, bantuan kemanusiaan, dan bantuan bencana dan telah berfungsi sebagai pusat penahanan.

Sebagaimana dinyatakan di situs webnya, Gitmo “tetap menjadi platform kekuatan laut AS yang terdepan, siap pakai, dan tak tergantikan di Karibia” dan menyediakan saluran bagi para pengambil keputusan untuk melakukan operasi antarlembaga kapan pun dan jika diperlukan.

Salah satu faktor yang menjadikannya sumber daya utama bagi militer Amerika adalah ukurannya. Luas keseluruhannya lebih dari 28.800 hektar dan menampung sekitar 6.000 orang, termasuk warga sipil dan anggota militer.

10. Camp Hansen

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Foto/Reuters

Yang terakhir adalah Camp Hansen. Terletak di ujung utara Okinawa, Kamp Hansen adalah benteng lain yang dikelola oleh Korps Marinir dan merupakan salah satu dari beberapa pangkalan militer yang terletak di prefektur Jepang. Faktanya, lebih dari 60% pangkalan militer A.S. yang berada di Jepang sebenarnya berada di Pulau Okinawa, dengan total total 31 pangkalan militer, menurut The Diplomat.

Mirip dengan Kamp Fuji, Kamp Hansen adalah benteng bersama yang digunakan oleh pasukan AS dan Jepang sepanjang tahun, terutama untuk tujuan pelatihan. Beberapa dari latihan ini melibatkan penggunaan api aktif.

Dinamakan untuk menghormati Dale Hansen, yang mengambil bagian dalam Pertempuran Okinawa selama Perang Dunia II, Kamp Hansen telah menjadi tuan rumah bagi beberapa resimen dan batalyon selama bertahun-tahun, termasuk Batalyon Penegakan Hukum ke-3, Batalyon Intelijen ke-3, Unit Ekspedisi Marinir ke-31, dan Insinyur ke-9 Batalyon Pendukung. Ini menampung beberapa ribu anggota dinas Marinir tetapi terus bertambah. Seperti diberitakan 24/7 Wall Street, setidaknya 100 bangunan akan dibangun dalam upaya mengkonsolidasikan fasilitas militer yang ada. Di wilayah daratan, luasnya di utara 12.000 hektar.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)