10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Selasa, 19 Maret 2024 - 19:19 WIB
loading...
10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?
AS memiliki banyak pangkalan militer terbesar di dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Di antara Angkatan Darat, Angkatan Laut, Penjaga Pantai, Marinir, Angkatan Udara, dan Angkatan Luar Angkasa, Amerika Serikat tidak hanya memiliki brigade angkatan bersenjata terkuat di dunia, tetapi juga merupakan tempat bagi salah satu brigade angkatan bersenjata terbesar.

Hanya ada segelintir negara yang kekuatan tempurnya melebihi 1 juta, dan Amerika Serikat adalah salah satunya, yang ditempatkan di negara-negara di seluruh dunia, termasuk Korea Selatan, Afghanistan, Jepang, Italia, Jerman, dan Arab Saudi.

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

1. Fort Bragg

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Foto/Reuters

Melansir omnimilitaryloans, Berbasis di Carolina Utara dan tepat di sebelah barat kota Fayetteville, Fort Bragg bukan hanya pangkalan Angkatan Darat terbesar dalam hal populasi secara keseluruhan, tetapi juga merupakan pangkalan militer terbesar secara keseluruhan, jika mencakup kelima cabang militer.

Menjadi tuan rumah Divisi Lintas Udara Angkatan Darat Amerika Serikat ke-82, Fort Bragg adalah rumah kedua bagi 57.000 personel militer, 11.000 pegawai sipil, dan 23.000 anggota keluarga militer, menurut data di situs resmi benteng. Angka perkiraan itu — 57.000 — menjadikan Fort Bragg sebagai rumah bagi sekitar 10% dari seluruh pasukan Angkatan Darat. Tidak mengherankan mengapa Fort Bragg digambarkan sebagai “pusat dunia militer”. Dari sudut pandang jumlah orang yang dapat didukung oleh benteng tersebut, Fort Bragg mampu menampung 260.000 orang secara keseluruhan.

Dalam hal luas daratan secara keseluruhan, Fort Bragg juga tidak mudah dikalahkan. Instalasi ini mencakup sekitar 500 mil persegi, yang setara dengan 163.000 hektar. Hampir 90% dari total lahan tersebut – 146.000 hektar – didedikasikan untuk pelatihan. Tentara telah menggunakan pangkalan tersebut untuk memperoleh keahlian yang diperlukan untuk digunakan di medan perang, yang selama bertahun-tahun mencakup Perang Dunia I, Perang Dunia II, Perang Vietnam dan berbagai misi lainnya, seperti Operation Enduring Freedom, Iraqi Freedom, dan New Dawn.


2. Fort Campbell

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Foto/Reuters

Terletak tepat di perbatasan bersama antara Kentucky dan Tennessee adalah Fort Campbell. Didirikan pada tahun 1941 dan dinamai Brigade Jenderal Angkatan Darat William Bowen Campbell, instalasi ini juga kaya akan sejarah dan merupakan markas Divisi Lintas Udara Angkatan Darat ke-101.

Selama bertahun-tahun, populasinya tumbuh dengan pesat. Berdasarkan angka terbaru yang tersedia dari situs Instalasi Militer, Fort Campbell memiliki populasi militer aktif sebanyak 26.587 tentara dan hampir dua kali lipat jumlah anggota keluarga secara keseluruhan (50.812). Jumlah warga sipil sekitar 6.500 dan pensiunan militer berjumlah 70.445.

Mampu mendukung lebih dari 249.580 orang, Fort Campbell adalah pangkalan militer terbesar kedua di dunia. Namun, diperkirakan dua pertiga tentara yang ditugaskan tinggal di luar lokasi di wilayah tetangga, seperti Christian County di Kentucky dan Stewart County di Volunteer State. Pada titik tertentu, Fort Campbell memiliki potensi untuk menyalip Fort Bragg dalam hal populasi.

3. Fort Hood

10 Pangkalan Militer AS Terbesar di Dunia, Adakah yang Dekat Indonesia?

Foto/Reuters

Dibangun satu tahun setelah Fort Campbell, Fort Hood terletak di Killeen, Texas, kira-kira 60 mil di utara Austin. Fort Hood mencakup wilayah yang luas dan sebenarnya lebih besar dari Fort Bragg, dengan luas sekitar 214,968 hektar. Itu setara dengan 340 mil persegi. Jejaknya sangat besar sehingga melintasi dua kabupaten (Bell County dan Coryell County). Ini juga merupakan satu-satunya pos di Amerika Serikat yang dapat menempatkan dan melatih dua divisi lapis baja penuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)