PBB Tolak Perpanjang Embargo Senjata Iran, AS Kecewa Berat

Sabtu, 15 Agustus 2020 - 09:01 WIB
loading...
PBB Tolak Perpanjang Embargo Senjata Iran, AS Kecewa Berat
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo. Foto/TRT World
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengumumkan kegagalannya mendapatkan dukungan di Dewan Keamanan (DK) PBB untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran . Tanpa upaya tindak lanjut, embargo yang telah berjalan selama 13 tahun itu akan berakhir pada Oktober mendatang dan Iran akan bebas melakukan jual beli senjata.

Menanggapi hal itu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa badan yang beranggotakan 15 negara itu gagal untuk menegakkan misi fundamentalnya dengan tidak mengadopsi tindakan sepihak AS yang akan melarang Iran untuk membeli atau menjual peralatan militer agar kedaluwarsa pada bulan Oktober.

Ia menuduh DK PBB telah menolak permohonan yang masuk akal yang memungkinkan apa yang disebutnya sebagai "negara sponsor terorisme terkemuka di dunia" untuk menangani senjata konvensional untuk pertama kalinya selama satu dekade.(Baca: AS: Voting Perpanjangan Embargo Senjata Iran Pilihan Antara Perdamaian dan Teror )

"Kegagalan Dewan Keamanan untuk bertindak secara tegas dalam mempertahankan perdamaian dan keamanan internasional tidak dapat dimaafkan," katanya, mencatat dukungan untuk perpanjangan oleh Israel dan enam anggota Dewan Kerja Sama Teluk di Semenanjung Arab.

"Amerika Serikat tidak akan pernah meninggalkan teman-teman kami di kawasan yang mengharapkan lebih banyak dari Dewan Keamanan. Kami akan terus bekerja untuk memastikan bahwa rezim teror teokratis tidak memiliki kebebasan untuk membeli dan menjual senjata yang mengancam jantung Eropa, Timur Tengah dan sekitarnya," tambahnya seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (15/8/2020).(Baca: Keukeuh Perpanjang Embargo Senjata Iran, AS Peringatkan Rusia-China )

DK PBB memilih untuk menolak resolusi AS untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran tanpa batas waktu.

Dari 15 negara DK PBB, 11 negara abstain, dengan dua suara mendukung dan dua suara tidak. AS membutuhkan sembilan suara untuk menang, tetapi Rusia dan China - dua negara yang memberikan suara tidak - masing-masing memiliki hak veto dan akan mampu mengalahkan resolusi tersebut bahkan jika disahkan. Republik Dominika adalah satu-satunya negara yang memberikan suara mendukung AS.
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)