Perbandingan Kekuatan Militer China vs Filipina, Dua Negara yang Merebutkan Laut China Selatan

Kamis, 14 Maret 2024 - 14:14 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer China vs Filipina, Dua Negara yang Merebutkan Laut China Selatan
Filipina memiliki kekuatan militer yang tanggung dan mampu bersaing dengan China. Foto/Reuters
A A A
MANILA - Perbandingan kekuatan militer China dan Filipina akan dibahas dalam artikel ini. Mengingat kedua negara tersebut kini tengah bersitegang terkait batas Laut China Selatan.

Kedutaan Besar China di Filipina menyebutkan jika pihaknya mengecam keras pernyataan duta besar Filipina untuk AS baru-baru ini terkait China, dengan mengatakan bahwa pernyataan tersebut "mengabaikan fakta-fakta mendasar."

Pernyataan itu secara tidak langsung membesar-besarkan masalah Laut China Selatan dan membuat spekulasi serta fitnah jahat terhadap China,” kata kedutaan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Terkait perbatasan Laut China Selatan ini bukanlah konflik yang baru bagi kedua negara ini. Mengingat batas Beijing untuk Laut China Selatan memang kerap kali dipermasalahkan selama beberapa dekade ke belakang oleh sejumlah negara di Asia Tenggara, seperti Filipina dan Malaysia.

Gesekan kecil antara China dengan Filipina ini bisa saja menjadi lebih besar jika kedua negara tetap ngotot. Namun sampai saat ini Kedutaan Besar Filipina di Beijing belum menanggapi hal tersebut.

Perbandingan Kekuatan Militer China vs Filipina

1. Personil Militer

China sebagai salah satu negara yang punya jumlah penduduk terbanyak di dunia sudah dipastikan memiliki personil militer yang lebih besar ketimbang Filipina.

Tidak hanya itu, situs Global Fire Power juga menempatkan China sebagai negara terkuat ke-3 di bawah Rusia dan AS. Sedangkan peringkat Filipina jauh berada di posisi 34 dari 145 negara.

Total personil militer China untuk saat ini sekitar 3.170.000 prajurit, dengan 2.035.000 personil aktif. Sementara Filipina hanya punya 1.385.000 personil, dengan 150.000 personil aktif.


2. Angkatan Udara

Untuk armada angkatan udara, China juga jauh lebih unggul dengan memiliki 1.207 pesawat, 371 pesawat tempur, 112 drone pengintai udara, dan 281 helikopter serang.

Angkatan Udara Filipina sendiri hanya memiliki 25 pesawat tempur, 8 drone pengintai udara, dan 2 helikopter serang.

3. Angkatan Darat

Angkatan Darat China terbilang sangat kuat dengan adanya 5.000 tank, 174.300 kendaraan lapis baja, dan 3.180 peluncur roket.

Jumlah tersebut jauh mengungguli Filipina yang hanya memiliki 10 tank, 7.562 kendaraan lapis baja, dan ratusan artileri saja tanpa adanya peluncur rudal atau roket.

4. Angkatan Laut

Negeri Tirai Bambu dibekali dengan 49 kapal destroyer, 42 kapal frigate, 72 kapal korvet, 61 kapal selam, dan 150 kapal patroli.

Sementara Filipina hanya punya 2 kapal frigate, 1 kapal korvet, dan 50 kapal patroli. Jumlah ini tentulah sangat berbanding terbalik dari yang dimiliki China.

Itulah perbandingan kekuatan militer China dan Filipina. Dari perbandingan tersebut sudah sangat jelas jika Tiongkok mengungguli Filipina dari segala lini.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)