8 Negara dengan Penganut Islam Sunni Terbanyak di Dunia

Senin, 11 Maret 2024 - 15:01 WIB
loading...
8 Negara dengan Penganut Islam Sunni Terbanyak di Dunia
Jemaah melaksanakan salat Jumat di luar Masjid Agung Hagia Sophia di Istanbul, Turki, 7 Agustus 2020. Foto/REUTERS/Murad Sezer
A A A
JAKARTA - Islam adalah agama yang tersebar luas di seluruh dunia, dengan berbagai aliran dan mazhab yang dianut sekitar 2 miliar umatnya.

Salah satu aliran yang paling banyak dianut adalah Sunni. Kelompok Sunni adalah aliran mayoritas dalam Islam, dengan penganut yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Negara-negara dengan jumlah penganut Sunni terbanyak mencakup beberapa negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia.

Dari Asia Tenggara hingga Timur Tengah, Afrika, dan bahkan beberapa bagian Eropa, penganut Sunni membentuk komunitas yang kuat dan berpengaruh.

Negara dengan Islam Sunni Terbanyak


Berikut ini daftar negara dengan jumlah penganut Sunni terbanyak. Kita akan membahas secara rinci tentang setiap negara, termasuk jumlah populasi Muslim, dan persentase populasi Muslim di tiap negara.

1. Indonesia


Dengan populasi Muslim Sunni mencapai 242.3 juta jiwa, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penganut Sunni terbanyak di dunia. Persentase populasi Muslim di Indonesia mencapai 86.8% dari total populasi.

2. Pakistan


Pakistan memiliki populasi Muslim Sunni sebanyak 235.2 juta jiwa. Negara ini memiliki persentase populasi Muslim yang sangat tinggi, mencapai 97.4%.

3. India


Meskipun bukan negara mayoritas Muslim, India memiliki populasi Muslim Sunni yang sangat besar, yaitu sekitar 211 juta jiwa. Persentase populasi Muslim di India adalah 14.9%.

4. Bangladesh


Bangladesh memiliki populasi Muslim Sunni sebanyak 154.97 juta jiwa. Persentase populasi Muslim di Bangladesh mencapai 90.6%.

5. Nigeria


Nigeria memiliki populasi Muslim Sunni antara 120.96 juta jiwa. Persentase populasi Muslim di Nigeria adalah 53.4%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)