Dahsyatnya Misil Hipersonik Rusia Hancurkan 2 Peluncur Rudal Patriot AS di Ukraina

Minggu, 10 Maret 2024 - 10:52 WIB
loading...
A A A
Peluncur mobile adalah komponen penting—bersama dengan radar, stasiun komando, dan pengisian ulang rudal—dari pertahanan udara terbaik Ukraina. Rudal Patriot PAC-2 berpotensi menghantam puluhan pesawat Rusia dan, jika percaya klaim Ukraina, ratusan drone dan rudal. PAC-2 yang dapat bermanuver berkisar sejauh 90 mil.

Ironisnya, Patriot secara rutin menembak jatuh pesawat hipersonik Iskander. Namun hanya ketika baterainya dikerahkan dan disiagakan, dibandingkan berkonvoi dari satu posisi menembak ke posisi berikutnya.

Tidak jelas mengapa kru Patriot Ukraina tidak memiliki perlindungan pertahanan udara saat melakukan perjalanan. Mungkin saja Angkatan Udara Ukraina terlalu lemah dalam melindungi kota-kota Ukraina, begitu pula pasukan darat untuk melindungi diri mereka sendiri.

Meski jelasnya, retakan juga muncul dalam cakupan pertahanan udara Angkatan Darat. Baru minggu ini, Rusia kembali mengeklaim pembunuhan pertama mereka: mencari lokasi dengan drone dan menyerang, dengan Iskander lainnya, peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) milik Angkatan Darat Ukraina.

Betapapun berlebihannya pertahanan udara Ukraina sebelum Rusia meledakkan dua peluncur Patriot mereka dan kemungkinan besar akan membunuh awak mereka yang berpengalaman, pertahanan udara Ukraina sekarang bahkan lebih berlebihan lagi. Mereka mungkin kesulitan untuk mengganti peluncur yang hilang tersebut.

Hal ini karena perusahaan AS, Raytheon, adalah satu-satunya pembuat perangkat keras Patriot, meskipun ada mitra Jerman yang berkontribusi dalam produksi rudal Patriot. Ukraina atau salah satu sekutunya mungkin akan membeli peluncur pengganti untuk menggantikan dua peluncur yang baru saja dihancurkan Rusia, namun pembelian itu bisa memakan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, dan menelan biaya jutaan dolar yang mungkin belum dianggarkan oleh Kyiv.

Tidak, Ukraina cenderung menerima baterai dan rudal Patriotnya sebagai sumbangan. Meskipun Jerman, Belanda, atau operator Eropa lainnya dapat memberikan lebih banyak perangkat keras, akan lebih bijaksana jika perangkat keras tersebut datang dari sumbernya; Amerika Serikat.

Namun Partai Republik yang mendukung Rusia di Kongres AS, sejak Oktober, telah menghalangi bantuan AS lebih lanjut ke Ukraina. Jadi setiap peluncur Patriot yang hilang dari Ukraina adalah peluncur Patriot yang tidak dapat mereka gantikan dengan mudah.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0871 seconds (0.1#10.140)