Pandemi Covid-19 Ganggu Jadwal Vaksinasi Anak-anak di Seluruh Dunia

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 16:25 WIB
loading...
Pandemi Covid-19 Ganggu Jadwal Vaksinasi Anak-anak di Seluruh Dunia
Pandemi Covid-19 telah mengganggu jadwal vaksinasi anak-anak di seluruh dunia. Foto/Ilustrasi
A A A
LONDON - Di tengah pandemi Covid-19 , para ahli di komunitas ilmiah khawatir bahwa risiko kesehatan masyarakat lainnya, seperti AMR, dapat dilupakan atau bahkan meningkat jika fokus penanganannya menurun. Ancaman AMR sekarang begitu parah, sehingga banyak yang khawatir AMR dapat segera memusnahkan sebagian besar obat-obatan canggih yang dibuat selama abad terakhir.

AMR atau resistensi antimikroba didefinisikan sebagai kebalnya mikroorganisme seperti bakteri, virus, parasit dan jamur terhadap obat antimikroba yang sebelumnya efektif untuk pengobatan infeksi.

(Baca juga: Eijkman Sebut WHO Prediksi Vaksin COVID-19 Tersedia Akhir Tahun Depan )

Ankur Mutreja, seorang pakar Departemen Kedokteran dari Universitas Cambridge mengatakan, ada dua cara untuk melihat agaimana pandemi Covid-19 mempengaruhi atau bahkan mempercepat risiko kesehatan masyarakat lainnya, khususnya AMR. Salah satunya adalah banyak advokasi dan banyak pekerjaan dasar telah dilakukan untuk meningkatkan kesadaran akan AMR dan karena krisis Covid-19.

(Baca: Salat Jamaah di Hagia Sophia Picu Kasus Baru Covid-19 Turki )

"Semua fokus pada dasarnya adalah pada Covid-19, dan semua penyakit, sindrom, masalah dan tantangan seperti AMR, dan lainnya. Ini tidak berarti bahwa mereka tidak ada lagi, karena mereka memang ada," ucap Mutreja, seperti dilansir Sputnik, Jumat (14/8/2020).

"Itu salah satu tantangan karena Covid-19. Tantangan lainnya adalah Covid-19 telah mengakibatkan penguncian di sebagian besar negara di dunia dan yang telah dilakukan adalah mengganggu jadwal vaksinasi anak-anak di seluruh dunia dan apa yang dilakukan Covid-19 adalah karena penguncian orang telah berhenti pergi ke rumah sakit di banyak bagian dunia, dan di beberapa tempat. Bahkan, rumah sakit berjuang untuk benar-benar melayani anak-anak yang membutuhkan vaksin ini," sambungnya.

Dia mengatakan, apa yang dilakukan vaksinasi pada dasarnya melindungi seseorang dari penyakit. Jadi, meskipun orang tersebut terkena infeksi dan divaksinasi, jelasnya, mereka tidak akan membangun penyakit.

"Jika mereka tidak divaksinasi, mereka akan terkena penyakit, yang berarti mereka harus diobati dengan antibiotik. Semakin banyak antibiotik digunakan, semakin besar kemungkinan berkembangnya AMR," ucapnya.

(Baca: Rusia Kebanjiran Pesanan Vaksin Covid-19 )

Terkait dengan bagaimana para ahli, petugas medis dan otoritas menguji AMR ke depan, Mutreja mengatakan banyak pekerjaan yang dilakukan ke arah ini. Saat ini, ujarnya, pada titik perawatan, hampir tidak ada pengujian yang dilakukan untuk AMR. Apa yang dilakukan Covid-19 sebagai hal yang baik adalah benar-benar meningkatkan portofolio pengujian atau pentingnya pengujian.

Ke depan, ucapnya, teknologi yang telah dikembangkan atau teknologi yang sudah ada dan telah diadopsi sekarang untuk bekerja untuk Covid-19, pada tingkat perawatan; teknologi tersebut akan dieksplorasi untuk segala macam hal lainnya juga, seperti AMR dan dalam pendeteksian penyakit lain juga.

"Pelajaran dari Covid-19 adalah bahwa pengujian tersebut bukan hanya menjadi penyelamat untuk Covid-19, tetapi juga untuk hal-hal lain, seperti AMR dan penyakit di negara-negara terbelakang dan berpenghasilan rendah dan menengah, bahkan di negara maju," tukasnya. (Baca: Kasus Infeksi Covid-19 Dunia Tembus 20 Juta, Begini Respons WHO )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1137 seconds (0.1#10.140)