Mampukah Kudeta yang Dipimpin Geng Bersenjata di Haiti Akan Sukses?

Kamis, 07 Maret 2024 - 13:13 WIB
loading...
A A A
Sejak pecahnya kekerasan baru-baru ini, sekitar 15.000 orang telah meninggalkan ibu kota, menurut perkiraan Organisasi Internasional untuk Migrasi. Banyak orang yang melarikan diri sebelumnya telah mengungsi dan berada di kamp sementara di sekolah, rumah sakit, dan lapangan umum.

Pada tahun 2023 saja, sekitar 200.000 warga mengungsi dari penculikan, penjarahan, dan kekerasan seksual terkait geng. Sekitar 3.000 orang terbunuh akibat kekerasan geng dan 1.500 orang diculik untuk mendapatkan uang tebusan.

3. Berambisi Menggulingkan PM Haiti

Mampukah Kudeta yang Dipimpin Geng Bersenjata di Haiti Akan Sukses?

Foto/Reuters

Para analis yakin meningkatnya kekerasan bertujuan untuk menggulingkan Henry – hal ini bertepatan dengan kunjungan perdana menteri ke Kenya, di mana ia mendorong pengerahan pasukan internasional yang didukung PBB untuk membantu memerangi geng-geng tersebut.

Henry telah berulang kali meminta intervensi internasional di Haiti dan pada Juli 2023, Kenya mengambil tindakan dan secara sukarela memimpin pasukan internasional untuk memerangi kekerasan geng. Kenya berjanji untuk “menerjunkan kontingen 1.000 petugas polisi untuk membantu melatih dan membantu polisi Haiti”.

Pada bulan Januari, pengadilan Kenya memblokir pengerahan pasukan tersebut, namun selama kunjungannya ke Nairobi, Henry menandatangani perjanjian dengan Presiden Kenya William Ruto untuk kesepakatan timbal balik yang menurut mereka dapat memungkinkan negara Afrika Timur tersebut mengirim tentara ke Haiti.

Secara terpisah, pada tanggal 2 Oktober 2023, PBB mengadopsi resolusi yang mengizinkan pembentukan dan penempatan misi “Dukungan Keamanan Multinasional” (MSS) selama setahun untuk memperkuat polisi Haiti, memulihkan keamanan, dan melindungi infrastruktur penting. Bahama, Bangladesh, Barbados, Benin dan Chad secara resmi menjanjikan pasukan untuk pasukan ini, dan dana yang disetorkan kurang dari $11 juta.

Namun, tanggal kapan pasukan akan dikerahkan masih belum ditentukan.

4. Dunia Belum Bereaksi

Mampukah Kudeta yang Dipimpin Geng Bersenjata di Haiti Akan Sukses?

Foto/Reuters

Kedutaan Besar AS di Haiti mengeluarkan pernyataan pada hari Minggu, mendesak warga AS di Haiti untuk meninggalkan negara itu “sesegera mungkin”. Kedutaan juga mengatakan akan beroperasi dengan kapasitas terbatas mulai Senin dan semua janji temu visa dari Senin hingga Rabu telah dibatalkan.

Negara tetangga Bahama mengatakan mereka telah memanggil kembali sebagian besar staf kedutaannya, hanya menyisakan kuasa usaha dan dua atase keamanan, sementara Meksiko mengatakan warga negaranya harus membatasi diri pada transit penting dan menimbun air, bahan bakar, dan barang-barang yang tidak mudah rusak.

Haiti berbagi pulau Hispaniola dengan Republik Dominika, yang tahun lalu mendeportasi puluhan ribu warga Haiti. Republik Dominika mengumumkan pada hari Senin bahwa menteri pertahanannya sedang melakukan tur ke perbatasan untuk mengawasi kemajuan pembangunan pagar perbatasan, sementara presiden mengesampingkan pembukaan kamp pengungsi bagi warga Haiti di negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2074 seconds (0.1#10.140)