Agama Warga Negara Haiti dan Persentasenya, Wilayah Karibia yang Sedang Dilanda Kekacauan

Rabu, 20 Maret 2024 - 18:18 WIB
loading...
Agama Warga Negara Haiti dan Persentasenya, Wilayah Karibia yang Sedang Dilanda Kekacauan
Haiti merupakan negara yang sedang dilanda kekacauan. Foto/Reuters
A A A
PORT-AU-PRINCE - Agama warga negara Haiti akan dibahas dalam artikel ini. Negara yang terletak di Kepulauan Karibia tersebut kini tengah dilanda gelombang kekacauan yang dipicu tindakan para gangster.

Menurut Al Jazeera, geng-geng tersebut telah lama menentang Perdana Menteri Henry,mereka menyalahkannya karena memperparah kemiskinan. Mereka juga menyarankan agar kekerasan akan berhenti jika dia mundur.

Meskipun Perdana Menteri Ariel Henry telah mengumumkan pengunduran dirinya, namun tindak kekerasan yang dilakukan oleh para gangster ini tak kunjung berhenti.

Kabar terbaru menyebutkan jika para saksi melihat sedikitnya 12 jenazah berserakan di jalan Petion-Ville, yang terletak tepat di bawah komunitas pegunungan Laboule dan Thomassin atas kerusuhan ini.

Terlepas dari peristiwa besar yang sedang terjadi di Haiti saat ini, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui informasi terkait demografi negara ini beserta agama warga negara Haiti.

Republik Haiti merupakan sebuah negara di Karibia yang meliputi bagian barat pulau Hispaniola. Dengan luas wilayah 27.750 km2, Haiti menjadi negara terbesar ketiga di Karibia.


Agama Warga Negara Haiti

Berdasar konstitusi tahun 1987, Haiti telah mengatur kebebasan menjalankan semua agama. Kelompok agama manapun yang ingin mendapatkan pengakuan resmi harus memperolehnya melalui proses pendaftaran bertahap di Biro Ibadah (BOW), sebuah unit di Kementerian Luar Negeri.

Menurut laman resmi U.S Department of State, dari total populasi 11,3 juta (pertengahan tahun 2022) teridentifikasi jika mayoritas masyarakat Haiti memeluk agama Kristen Protestan dengan persentase 52 % dalam survei terbaru yang dilakukan di tahun 2017.

Selanjutnya ada Agama Katolik dengan 35 %, dan Vodouist 2 %. Dalam survei tersebut 11 % penduduk tidak menyatakan preferensi agamanya.

Diperkirakan 60 % umat Protestan dan Protestan evangelis di negara ini tergabung dalam Federasi Protestan. Ini termasuk Metodis, Lutheran, Presbyterian, Pentakosta, Bala Keselamatan, Advent Hari Ketujuh, dan beberapa Baptis.

Menurut presiden Dewan Nasional Muslim Haiti, ada sekitar 10.000 penganut dari tiga aliran Islam, Sunni, Syiah, dan Ahmadiyah. Terdapat pula Komunitas Yahudi berjumlah sekitar 20 orang.

Itulah informasi seputar agama warga negara Haiti beserta persentasenya. Dimana negara ini termasuk mayoritas Kristen Protestan.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1640 seconds (0.1#10.140)