Rudal Rusia Nyaris Sasar Zelensky dan Pemimpin Negara NATO

Kamis, 07 Maret 2024 - 08:50 WIB
loading...
Rudal Rusia Nyaris Sasar Zelensky dan Pemimpin Negara NATO
Rudal Rusia nyaris menyasar Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan PM Yunani Kyriakos Mitsotakis saat bertemu di pelabuhan Odessa. Foto/President Press Service Ukraine
A A A
KYIV - Sebuah rudal Rusia meledak di kota pelabuhan Odessa pada Rabu pagi. Itu hanya berjarak beberapa ratus meter dari tempat pertemuan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dengan Perdana Menteri (PM) Yunani Kyriakos Mitsotakis.

"Ledakan itu terjadi dalam jarak beberapa ratus meter (sekitar 300 kaki) dari kami, ketika pertemuan sedang berlangsung," kata seorang sumber yang mengetahui serangan rudal tersebut, seperti dikutip ABC News, Kamis (7/3/2024).

Sumber itu juga menambahkan bahwa ini adalah “keputusan terdekat yang pernah ada", tidak termasuk perjalanan Zelensky untuk mengunjungi pasukan di garis depan.

Zelensky telah mengantar pemimpin negara anggota NATO itu berkeliling pelabuhan, keduanya kembali ke mobil, dan kemudian ketika mereka berada di dalam mobil bersiap untuk berangkat, mereka mendengar sirene serangan udara berbunyi diikuti tak lama kemudian rudal menghantam pelabuhan.



Namun, menurut sumber tersebut, kecil kemungkinan Zelensky menjadi sasarannya, dan sumber tersebut mengatakan bahwa Rusia kemungkinan besar hanya meluncurkan rudal ke sasaran biasanya.

“Ya, serangan rudal dilakukan di Odessa, mungkin dengan senjata balistik, menghantam salah satu bangunan di infrastruktur pelabuhan. Tapi ini sama sekali tidak terkait dengan kunjungan tertentu. Ini terkait dengan teror yang dilakukan musuh dengan cukup metodis,” kata seorang juru bicara Ukraina untuk pusat pers gabungan Pasukan Pertahanan Selatan Ukraina pada Rabu setelah serangan tersebut.

Perjalanan Zelensky tidak diumumkan sebelum hari Rabu namun lokasinya sudah diketahui pada saat serangan menghantam lokasi tersebut.

Tak satu pun dari kedua pemimpin itu yang dirugikan akibat serangan rudal Rusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pasukan Moskow berhasil menyerang hanggar di sebuah pelabuhan di Odessa tempat kapal tak berawak Angkatan Bersenjata Ukraina sedang dipersiapkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)