Rudal untuk F-35 Inggris Bisa Hancurkan Target 50km dalam 48 Detik

Kamis, 30 Agustus 2018 - 15:26 WIB
Rudal untuk F-35 Inggris Bisa Hancurkan Target 50km dalam 48 Detik
Rudal untuk F-35 Inggris Bisa Hancurkan Target 50km dalam 48 Detik
A A A
LONDON - Pesawat jet tempur siluman F-35 Inggris kini dipersenjatai dengan rudal canggih berkecepatan 1.200 mph. Senjata bernama Advanced Short Range Air-to-Air Missiles (ASRAAM) ini diklaim bisa menghancurkan target sejauh 31 mil (50 km) dalam waktu 48 detik.

Pejabat Departemen Pertahanan Inggris mengonfirmasi penerapan ASRAAM untuk jet tempur yang dibeli dari Lockheed Martin Amerika Serikat (AS) tersebut. Kementerian itu menyatakan, ASRAAM merupakan rudal canggih buatan dalam negeri.

Pejabat untuk pengadaan alat pertahanan di departemen tersebut, Stuart Andrew, mengungkapkan penerbangan uji coba jet tempur siluman itu saat berkunjung ke situs Welsh yang ditetapkan untuk menjadi basis perbaikan pesawat F-35.

Pesawat tempur kebanggaan NATO itu masih berada di AS. Kapal induk HMS Queen Elizabeth sudah meluncur ke AS untuk ikut uji coba penerbangan dan pendaratan te tempur tersebut di atas dek kapal.

Inggris akan memiliki sembilan unit F-35 yang beroperasi pada akhir 2018.

Andrew menyampaikan hal itu di Badan Pertahanan Elektronik dan Komponen (DECA) di Wales. DECA diatur untuk menjadi pusat perbaikan global untuk sistem F-35.

"Armada F-35 Lightning telah bergerak selangkah lebih dekat untuk mempertahankan langit dan mendukung kapal induk pesawat terkenal kami dengan penerbangan simbolik ini," ujarnya.

"Teknik luar biasa dari Inggris tidak hanya membantu membangun jet tempur paling canggih di dunia, tetapi juga memastikan itu dilengkapi dengan senjata terbaik," katanya.

"Penerbangan ini oleh pilot Inggris, dalam jet F-35 Inggris dengan senjata buatan Inggris, adalah simbol dari bagian utama yang kami mainkan, dalam apa yang menjadi program pertahanan terbesar di dunia," imbuh Andrew, seperti dikutip Daily Star, Kamis (30/8/2018).

Perusahaan-perusahaan Inggris membangun 15 persen dari total 3.000 unit F-35 yang direncanakan. Proyek ini diperkirakan memberikan kontribusi sebesar 35 miliar poundsterling untuk ekonomi Inggris dan 25.000 pekerjaan bagi warga Inggris.

Negara tersebut akan menghabiskan 9,1 miliar poundsterling untuk membeli 48 unit jet F-35 pada tahun 2025.

ASRAAM dibuat oleh kontraktor pertahanan MBDA di Bolton. Senjata ini diklaim efektif terhadap pesawat mulai dari pesawat ukuran besar hingga drone kecil.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4317 seconds (0.1#10.140)