Daftar Negara yang Sudah Beri Makan Siang Gratis ke Rakyatnya

Senin, 04 Maret 2024 - 13:48 WIB
loading...
Daftar Negara yang Sudah Beri Makan Siang Gratis ke Rakyatnya
Brasil, satu dari belasan negara yang telah memberikan makan siang gratis kepada warganya. Foto/FGM
A A A
JAKARTA - Program makan siang gratis menjadi bahan kampanye pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam pemilihan presiden (pilpres) Indonesia 2024.

Pasangan itu untuk sementara unggul dalam versi hitung cepat perolehan suara atau quick count oleh berbagai lembaga survei. Prabowo-Gibran unggul atas rival mereka; Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Masyarakat Indonesia kini menantikan realisasi janji makan siang gratis yang dikampanyekan Prabowo-Gibran meski teknis dari program itu belum jelas.

Program semacam itu sebenarnya bukan hal baru. Beberapa negara telah menjalankannya dengan rata-rata target penerima bantuan adalah siswa sekolah.

Daftar Negara yang Sudah Beri Makan Siang Gratis ke Rakyatnya


1. Swedia


Swedia memiliki program makan siang gratis di sekolah-sekolah. Setiap siswa di sekolah dasar dan sekolah menengah menerima makan siang secara gratis.

2. Finlandia


Finlandia juga menyediakan makan siang gratis di sekolah-sekolah sebagai bagian dari sistem pendidikan mereka.

3. Brasil


Program pemerintah bernama "Programa Nacional de Alimentação Escolar" di Brasil memberikan makan siang gratis kepada siswa di sekolah-sekolah umum.

4. Jepang


Meskipun tidak seluruhnya gratis, Jepang memiliki program "Kyushoku" di sekolah-sekolah yang menyediakan makan siang dengan biaya yang sangat terjangkau.

5. India


Program Mid-Day Meal Scheme di India menyediakan makan siang gratis atau sangat terjangkau di sekolah-sekolah untuk meningkatkan partisipasi anak-anak dalam pendidikan.

6. Norwegia


Norwegia menyediakan makan siang gratis atau terjangkau di sekolah-sekolah sebagai bagian dari kebijakan pendidikan mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)