Elon Musk Heran NATO Masih Harus Eksis Meski Musuh Sudah Bubar, Sekutu Pun Marah

Senin, 04 Maret 2024 - 11:55 WIB
loading...
A A A
NATO Didirikan pada tahun 1949 untuk memberikan keamanan kolektif dari ancaman Uni Soviet di tengah meningkatnya ketegangan ketika Perang Dingin dimulai.

Sekretaris Jenderal pertama NATO, Lord Hastings Lionel Ismay, mengatakan NATO ada untuk menjaga Uni Soviet tetap di luar, melindungi Amerika, dan menjatuhkan Jerman.

Sementara itu, Pakta Warsawa dibentuk oleh negara-negara komunis-sosialisi di Eropa timur pada tahun 1955 sebagai tanggapan terhadap berdirinya NATO.

Mantan anggota Parlemen AS, Adam Kinzinger, menulis di X: "Mengapa Pemerintah AS tidak meninjau status kontraktor @elonmusk?"

"1) Permusuhan NATO adalah propaganda Kremlin melawan aliansi defensif yang membatasi selera imperialisnya. 2) Negara-negara bergabung dengan NATO secara bebas, demi perlindungan. 3) Putin sendiri telah berulang kali menyangkal NATO sebagai motif invasinya. 4) Tanyakan kepada negara-negara Baltik, Polandia, anggota baru Finlandia dan Swedia," tulis Garry Kasparov, grandmaster catur Rusia.

“Ya, sungguh aneh bahwa negara-negara di sekitar Rusia memutuskan untuk secara sukarela mengajukan permohonan bergabung dengan NATO. Saya bertanya-tanya mengapa,” tulis Oliver Alexander, seorang analis intelijen open source.

"Sejarah membuktikannya; klausul pertahanan kolektif hanya digunakan sekali dalam 75 tahun keberadaan NATO–sebagai respons terhadap serangan 9/11 di AS,” tulis Linas Kojala, CEO lembaga think tank Pusat Studi Eropa Timur.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)