Menang Michigan, Missouri, dan Idaho, Trump Hampir Mendapatkan Tiket Nominasi Capres Partai Republik

Minggu, 03 Maret 2024 - 16:03 WIB
loading...
A A A
Untuk siklus pemilu kali ini, Partai Republik di Michigan merancang sistem pencalonan campuran, yang terbagi antara sistem pemilihan pendahuluan dan kaukus.

Trump memenangkan pemilihan pendahuluan dengan meyakinkan pada hari Selasa, mengamankan 12 dari 16 delegasi yang diperebutkan. Dia mempertaruhkan seluruh 39 delegasi Michigan yang tersisa pada hari Sabtu.

Pada salah satu dari 13 pertemuan kaukus, para peserta – yang mengetahui bahwa Trump akan menang dengan mudah – memutuskan untuk menghemat waktu dengan hanya meminta siapa pun yang mendukung Haley untuk membela diri. Di ruangan yang berisi 185 delegasi pemilih, Carter Houtman yang berusia 25 tahun adalah satu-satunya orang yang bangkit.

“Agak sepi,” kata Houtman kepada Reuters dalam sebuah wawancara sesudahnya.

Houtman mengatakan dia kemungkinan akan memilih Trump pada pemilihan umum bulan November jika dia menjadi calon presiden, namun dia merasa penting untuk mempertahankan keyakinannya pada hari Sabtu.

“Saya tidak menyukai cara Trump menangani dirinya sendiri setelah pemilu lalu,” kata Houtman.

Dennis Milosch, 87, seorang pendukung Trump, mengatakan kemenangan dominan mantan presiden tersebut pada hari Sabtu menggarisbawahi bagaimana partai tersebut telah bertransformasi dari partai yang selaras dengan bisnis besar menjadi partai yang berfokus pada kelas pekerja.

“Ke mana pun dia pergi, apa pun yang dia lakukan, dia memperhatikan dan merespons orang pada umumnya,” kata Milosch.

Pertarungan di Michigan pada hari Sabtu berpotensi menimbulkan kebingungan. Gejolak internal telah merembes ke dalam partai selama berbulan-bulan, antara pendukung mantan ketua Partai Republik Michigan, Kristina Karamo, melawan faksi anggota partai yang memilih untuk menggulingkannya pada 6 Januari, dan mengangkat Hoekstra sebagai ketuanya.

Hoekstra, yang didukung Trump sebagai ketuanya, mengawasi konvensi di Grand Rapids. Karamo berencana untuk memimpin konvensi duel di Detroit pada hari Sabtu, namun dibatalkan setelah pengadilan Michigan minggu ini menegaskan pemecatannya dan pengadilan banding menolak permintaannya untuk tetap memegang keputusan tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1042 seconds (0.1#10.140)