Inilah Insiden Menegangkan 2 Jet Tempur Prancis Cegat 2 Pesawat Su-30 Rusia

Minggu, 03 Maret 2024 - 08:31 WIB
loading...
Inilah Insiden Menegangkan 2 Jet Tempur Prancis Cegat 2 Pesawat Su-30 Rusia
Jet-jet tempur Prancis mencegat sepasang jet tempur Su-30 Rusia di atas Laut Baltik. Foto/X @NATO_AIRCOM
A A A
PARIS - NATO telah merilis video menegangkan tentang pencegatan dua pesawat tempur Su-30M Rusia oleh dua jet tempur Mirage 2000-5 Prancis di atas Laut Baltik.

Mengutip EurAsian Times, Sabtu (2/3/2024), insiden berisiko tinggi itu terjadi pada 29 Februari. Namun rekaman videonya baru dirilis NATO pada 1 Maret.

Itu menandai momen tegang dalam hubungan yang sudah memanas antara NATO dan Rusia.

"Lihat bagaimana penampakannya ketika dua Mirage 2000-5 Prancis mencegat dua pesawat Su-30M Rusia di atas Laut Baltik," tulis Komando Angkatan Udara NATO di akun X-nya, @NATO_AIRCOM sebagai keterangan dari video yang dirilis.



Insiden tersebut terjadi ketika pesawat tempur Prancis, yang merupakan bagian dari misi Kepolisian Udara Baltik NATO, bergegas mencegat jet Rusia ketika mereka mendekati wilayah udara internasional.

Menurut aliansi militer pimpinan Amerika Serikat tersebut, aksi jet Mirage 2000-5 bergerak dan mencegat Su-30M menunjukkan komitmen NATO untuk menjaga wilayah udara negara-negara anggotanya.

Setelah intersepsi di Laut Baltik, pesawat tempur Prancis ditugaskan kembali ke misi baru, di mana mereka sekali lagi mencegat pesawat Rusia, kali ini AN-72, yang terbang di wilayah udara internasional di utara Polandia.

Respons yang cepat dan intersepsi yang efisien menyoroti kesiapan dan kemampuan pasukan NATO di wilayah tersebut.

Sementara itu, Staf Umum Angkatan Bersenjata Prancis (EMA) menyatakan bahwa pesawat tempur Su-30-M Rusia dicegat di lepas pantai Latvia, sedangkan pesawat angkut An-72 dicegat di lepas pantai Lithuania.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)