Tingkat Partisipasi Pemilu di Iran Hanya 40%, Kubu Konservatif Diperkirakan Menang

Sabtu, 02 Maret 2024 - 21:50 WIB
loading...
Tingkat Partisipasi Pemilu di Iran Hanya 40%, Kubu Konservatif Diperkirakan Menang
Tingkat partasipasi pemilu di Iran hanya 40%. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Jumlah pemilih yang berpartisipasi dalam pemilihan parlemen Iran , yang dipandang sebagai ujian terhadap legitimasi kelompok ulama, tampaknya telah mencapai titik terendah dalam sejarah, yaitu sekitar 40%.

Kelompok moderat tidak ikut serta dalam pemilu hari Jumat (1/3/2024). Sedangkan kelompok reformis menyebutnya tidak bebas dan tidak adil karena pemilu ini terutama merupakan pertarungan antara kelompok garis keras dan kelompok konservatif yang setia pada cita-cita revolusioner Islam.

Mohammad Khatami, presiden reformis pertama Iran, termasuk di antara kritikus yang tidak memberikan suara pada Jumat.

Peraih Hadiah Nobel Perdamaian yang dipenjara, Narges Mohammadi, seorang pembela hak-hak perempuan, dalam pernyataan yang dibagikan keluarganya kepada Reuters, menyebut pemilu itu "palsu".

Surat kabar Hamshahri dan Kayhan melaporkan bahwa jumlah pemilih diperkirakan sekitar 40%, sejalan dengan survei resmi menjelang pemungutan suara yang memperkirakan sekitar 41% warga Iran yang memenuhi syarat akan memilih.

Hamshahri menyebut jumlah pemilih yang hadir sebagai “tamparan 25 juta” untuk menyerukan boikot pemilu, dalam judul halaman depan di samping gambar kertas suara yang menampar wajah Presiden AS Joe Biden.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menuduh “musuh” Iran – istilah yang biasa ia gunakan untuk Amerika Serikat dan Israel – berusaha menciptakan keputusasaan di kalangan pemilih Iran.

"The Silent Majority" adalah judul halaman depan di Ham Mihan, sebuah surat kabar pro-reformasi, yang juga menyebutkan jumlah pemilih sekitar 40%.

Kementerian Dalam Negeri mungkin mengumumkan jumlah pemilih resmi pada Sabtu malam. Jika jumlah pemilih yang hadir dikonfirmasi secara resmi, maka ini akan menjadi jumlah pemilih terendah sejak revolusi Islam Iran pada tahun 1979.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)