Kebijakan Kontroversial Xi Jinping dan Runtuhnya Perekonomian China

Sabtu, 02 Maret 2024 - 09:44 WIB
loading...
A A A
Keempat, tindakan keras Xi terhadap para taipan bisnis telah menciptakan situasi panik di kalangan pemain swasta China. Ketakutan Xi terhadap pertumbuhan dan kekuatan pengusaha swasta yang belum pernah terjadi sebelumnya telah meningkat dalam beberapa waktu terakhir, ketika Xi mulai melakukan pembersihan terhadap mereka.

Pada 2023, pendiri perusahaan Evergrande Hui Ka Yun telah ditahan. Pada Maret 2023, Zhao Weiguo, mantan ketua Tsinghua Unigroup, juga ditangkap.

Bao Fan, pendiri China Renaissance, Xia Jianhua, pendiri Tomorrow Holdings, Chen Feng dan Tan Xiangdong dari HNA Group, hanyalah beberapa di antara daftar panjang taipan bisnis yang ditangkap atau dihilangkan begitu saja oleh CCP. Hilangnya Jack Ma sempat menjadi berita utama ketika dirinya menghilang setelah mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah.

Kelima, menurut Nicholas R. Lardy dari Peterson Institute for International Economics, sejak Xi berkuasa, telah terjadi pergeseran tajam dalam kredit bank yang beralih ke BUMN dari sektor swasta. Antara tahun 2012 dan 2018, aset SOE di China tumbuh sebesar 15 persen setiap tahunnya.

Perlambatan Ekonomi China


Keenam, tidak seperti Deng, dan lebih mirip Mao, Xi adalah seorang Marxis ortodoks yang hanya ingin mengendalikan CCP dan publik China, apa pun risikonya. Xi percaya bahwa terlalu banyak liberalisasi dan penguatan sektor swasta akan menjadi tantangan bagi partai dan dirinya, dan oleh karena itu, dia mencoba melakukan apa yang dilakukan Mao, yaitu membatasi liberalisasi ekonomi.

Sejak tahun 2016, Xi telah menerapkan kebijakan untuk tidak terlalu bergantung pada pertumbuhan PDB properti yang didorong oleh utang. Dengan kata lain, dia membiarkan sektor real estate runtuh.

Pasar properti mencakup sekitar seperempat PDB China dan IMF memperkirakan bahwa investasi di bidang real estat diperkirakan akan turun sebesar 30 persen hingga 60 persen dalam sepuluh tahun mendatang. Namun, Xi menolak untuk memompa modal di pasar properti dan menyaksikan jatuhnya Evergrande.

Para ahli percaya bahwa jatuhnya Evergrande adalah demonstrasi terbesar yang dilakukan Xi untuk memperingatkan industri properti dan perusahaan publik bahwa ia tidak akan lagi menyelamatkan mereka dari krisis.

Sebagian besar situasi ini sengaja diciptakan Xi sendiri, dan perlambatan ekonomi China merupakan ancaman langsung terhadap CCP. Protes terhadap kebijakan ekonomi China telah meningkat sejak tahun lalu. Berdasarkan data China Dissent Monitor, sebuah kelompok hak asasi internasional yang berbasis di New York, sekitar 777 protes buruh terjadi di China antara bulan September hingga Desember 2023.

Banyak ahli memperingatkan bahwa China akan berakhir seperti Jepang, dan "Japanifikasi" perekonomian China tidak dapat dihindari jika tidak ada tindakan tepat yang diambil otoritas yang lebih tinggi. Seperti Jepang, China dengan tergesa-gesa menuju "Dekade yang Hilang" dan ini akan menjadi pukulan besar bagi “Impian China” Xi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0868 seconds (0.1#10.140)