Prancis: Tak Ada Pembenaran Israel Tembaki Pencari Bantuan di Gaza

Jum'at, 01 Maret 2024 - 20:30 WIB
loading...
Prancis: Tak Ada Pembenaran Israel Tembaki Pencari Bantuan di Gaza
Warga Palestina yang terluka menerima perawatan medis di Rumah Sakit Kamal Adwan setelah pasukan Israel menembaki warga Palestina yang menunggu truk bantuan kemanusiaan di Jalan Al-Rashid di Kota Gaza, Jalur Gaza, pada 29 Februari 2024. Foto/Mahmud Isa/An
A A A
PARIS - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Prancis menyatakan tidak ada pembenaran bagi tentara Israel yang menembak dan membunuh lebih dari 100 warga Palestina yang sedang mengantri untuk menerima bantuan kemanusiaan di Gaza.

Kementerian Luar Negeri Prancis menyatakan “kesedihan mendalam” atas hilangnya banyak nyawa warga sipil Palestina selama pendistribusian bantuan kemanusiaan di Gaza dan menyerukan menyoroti tindakan “yang sangat berbahaya” ini.

Pernyataan itu menambahkan, “Israel harus mematuhi aturan hukum internasional dan melindungi distribusi bantuan kemanusiaan kepada warga sipil. Jumlah warga sipil yang menderita kelaparan dan penyakit di Gaza terus meningkat.”

Prancis mengulangi seruannya untuk “gencatan senjata segera dan perlindungan warga sipil,” serta menganggapnya sebagai “prioritas”.

Sebelumnya pada Kamis, pasukan Israel menembaki warga Palestina yang menunggu truk bantuan di daerah Bundaran Nabulsi di selatan Kota Gaza, menewaskan 112 warga Palestina dan melukai 760 orang lainnya, menurut Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza.

Hal ini terjadi ketika Israel melanjutkan perang dahsyatnya di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, yang menewaskan lebih dari 30.000 orang dan melukai 70.000 orang lainnya.

Genosida oleh rezim kolonial Israel menyebabkan bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kehancuran infrastruktur secara besar-besaran, menurut laporan Palestina dan PBB.

(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0885 seconds (0.1#10.140)