Terinspirasi di AS, Demo Pro-Palestina Menyebar di Kampus-kampus Yordania

Kamis, 02 Mei 2024 - 09:16 WIB
loading...
Terinspirasi di AS, Demo Pro-Palestina Menyebar di Kampus-kampus Yordania
Terinspirasi protes di kampus-kampus AS, demo pro-Palestina mulai menyebar di kampus-kampus Yordania. Foto/Mohammad al-Ersan/New Arab
A A A
AMMAN - Protes para mahasiswa pro-Palestina di kampus-kampus Amerika Serikat (AS) telah menginspirasi para mahasiswa di Yordania.

Mereka melakukan demo serupa dan menyerukan rekan-rekan mahasiswa di seluruh dunia ikut serta menetang genosida di Gaza oleh militer Zionis Israel.

Di Yordania, masaa mahasiswa di beberapa universitas mulai beraksi sejak Selasa. Itu terjadi menyusul seruan dari kelompok Forum Mahasiswa untuk mendekatkan diri dengan mahasiswa di universitas-universitas Amerika.

“Apa yang terjadi di universitas-universitas Amerika adalah sebuah gerakan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dalam mendukung perjuangan Palestina, Gaza dan perlawanannya yang dipimpin oleh mahasiswa-mahasiswa terhormat di universitas-universitas tersebut,” kata Forum Mahasiswa dalam pernyataan mereka.



"Percikan ini, yang terjadi di lebih dari 30 universitas di Amerika, telah menjadi tren umum di sejumlah besar universitas di seluruh dunia," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip New Arab, Kamis (2/5/2024)

“Ini adalah reaksi alami terhadap kejahatan pendudukan, pembunuhan dan penghancuran di Gaza."

Yordania, sekutu dekat Amerika Serikat, selama beberapa bulan terakhir telah menindak gelombang protes pro-Palestina, dan menuduh banyak orang yang melakukan kerusuhan.

Para pengunjuk rasa yang ditahan dituduh menolak penangkapan atau menyerang petugas keamanan—klaim yang menurut para aktivis masyarakat sipil adalah klaim yang dibuat-buat.

Mulai 24 Maret, ribuan warga Yordania melakukan protes di depan Kedutaan Israel, menyerukan pemerintah Yordania untuk memutuskan semua hubungan dengan Israel—termasuk perjanjian damai dengan negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)