Moskow Jawab Ancaman AS soal Perang Langsung Rusia-NATO: Itu Gila!

Jum'at, 01 Maret 2024 - 19:45 WIB
loading...
Moskow Jawab Ancaman AS soal Perang Langsung Rusia-NATO: Itu Gila!
Kendaraan militer Polandia diangkut selama latihan TUMAK-22 NATO di area yang dikenal sebagai Celah Suwalki, yang sangat penting bagi keamanan sisi timur aliansi, di Klusy, Polandia, 25 November 2022. Foto/REUTERS/Kacper Pempel
A A A
MOSKOW - Rusia merespons klaim Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin bahwa NATO dan Rusia bisa berakhir dalam konfrontasi langsung jika Ukraina kalah dalam konfliknya dengan Moskow.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova menganggap pernyataan Austin itu adalah hal yang “gila”.

Dalam sidang Komite Angkatan Bersenjata DPR AS pada Kamis (29/2/2024), Austin menilai Presiden Rusia Vladimir Putin “tidak akan berhenti” jika pasukannya menang melawan Ukraina.

Negara-negara tetangga Rusia di kawasan Baltik “memahami Putin dan kemampuannya. Dan sejujurnya, jika Ukraina jatuh, saya yakin NATO akan melawan Rusia,” ujar kepala Pentagon itu.

Dalam postingan di Telegram pada hari yang sama, Zakharova mengatakan dia bertanya-tanya apakah pernyataan Austin merupakan “ancaman langsung terhadap Rusia atau upaya untuk memberikan alasan bagi (Presiden Ukraina Volodymyr) Zelensky?”

“Dalam kedua kasus tersebut, ini gila. Tetapi sekarang semua orang melihat siapa agresornya, itu adalah Washington,” papar dia.

Pernyataan Kepala Pentagon itu muncul ketika anggota parlemen dari Partai Republik terus menolak upaya pemerintahan Presiden AS Joe Biden untuk memberikan tambahan bantuan militer senilai USD60 miliar untuk Ukraina.



Beberapa anggota parlemen menuntut agar bantuan ke Kiev dibarengi dengan langkah-langkah untuk mengamankan perbatasan dengan Meksiko.

Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer, yang mengunjungi Kiev pekan lalu, mengatakan Ukraina saat ini “kalah perang” terhadap Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)