4 Fakta Pangeran Faisal bin Farhan, Menlu Arab Saudi yang Lantang Bela Palestina

Jum'at, 01 Maret 2024 - 14:53 WIB
loading...
A A A
Memasuki 2019, Pangeran Faisal ditugaskan sebagai Duta Besar Arab Saudi untuk Jerman. Sebelumnya, dia menggantikan Khalid bin Bandar bin Sultan al-Saud yang sedang terlibat masalah.

Namun, tak lama berselang Pangeran Faisal ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) Arab Saudi. Posisi tersebut masih ditempatinya hingga sekarang.

3. Dekat dengan MBS


Pangeran Faisal bin Farhan menjadi salah satu bagian penting dalam pemerintahan Arab Saudi. Tak hanya berkaitan dengan latar belakangnya, namun juga statusnya sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) yang punya banyak tugas vital.

Terlepas dari statusnya, Pangeran Faisal bin Farhan juga sering disebut menjadi orang dekat Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS). Kedekatannya ini membuat sejumlah pejabat lain di Arab Saudi merasa khawatir.

4. Pembela Palestina


Pangeran Faisal bin Farhan sering bersuara membela Palestina di forum internasional.

Sekitar Agustus 2023, misalnya, Pangeran Faisal pernah menyebut satu-satunya jalan menuju keamanan dan stabilitas Timur Tengah adalah melalui pembentukan Negara Palestina. Ketika ditanya terkait normalisasi hubungan Arab Saudi-Israel, dia juga selalu menampiknya.

Terbaru, Pangeran Faisal mengecam dunia internasional karena diam melihat penderitaan warga Palestina di Gaza akibat invasi brutal Israel. Selain itu, dia juga mengutuk standar ganda yang digunakan oleh beberapa pihak selama perang Gaza.

Itulah sejumlah fakta terkait Pangeran Faisal bin Farhan, Menlu Arab Saudi yang lantang membela Palestina.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1002 seconds (0.1#10.140)