Perundingan Damai, PBB Undang Yaman-Houthi ke Jenewa

Sabtu, 18 Agustus 2018 - 05:39 WIB
Perundingan Damai, PBB Undang Yaman-Houthi ke Jenewa
Perundingan Damai, PBB Undang Yaman-Houthi ke Jenewa
A A A
JENEWA - PBB mengundang pihak-pihak yang berseteru di Yaman ke Jenewa untuk pembicaraan damai pada 6 September mendatang. Hal itu diungkapkan oleh seorang juru bicara PBB.

"Saya dapat mengkonfirmasikan bahwa kantor utusan khusus PBB untuk Yaman (Martin Griffiths) mengirim undangan kepada pemerintah Yaman dan Ansarullah (gerakan Houthi)," kata juru bicara PBB Alessandra Vellucci di Jenewa seperti dikutip dari Anadolu, Sabtu (18/8/2018).

Ditanya tentang undangan untuk koalisi pimpinan Saudi dan Iran, partai-partai perang sipil di Yaman, Vellucci mengatakan undangan dikirim hanya kepada pemerintah dan Houthi untuk saat ini.

Pada 2 Agustus, Griffiths mengatakan dia berencana mengundang pihak-pihak yang berseteru di Yaman ke Jenewa untuk pembicaraan damai pada 6 September.

Menurut John Ging, direktur Divisi Operasional di Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan, 75 persen populasi Yaman, atau sekitar 22 juta orang, membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan.

Yaman yang miskin terus dihantam oleh kekerasan sejak 2014, ketika pemberontak Syiah Houthi menguasai sebagian besar negara itu, termasuk Ibu Kota Sanaa, dan Al Hudaydah.

Konflik meningkat pada tahun 2015 ketika Arab Saudi dan sekutunya meluncurkan kampanye udara besar-besaran di Yaman yang bertujuan untuk mengusir Houthi.

Kekerasan telah menghancurkan infrastruktur Yaman, termasuk sistem kesehatan dan sanitasi. Kondisi ini mendorong PBB untuk menggambarkan situasi di Yaman sebagai salah satu bencana kemanusiaan terburuk di zaman modern.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3690 seconds (0.1#10.140)