Respon Virus Corona Jadi Ajang Peperangan Trump dan Biden

Jum'at, 14 Agustus 2020 - 07:42 WIB
loading...
Respon Virus Corona Jadi Ajang Peperangan Trump dan Biden
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat Joe Biden terlibat perdebatan terkait respon terhadap pandemi virus Corona. Foto/CNN
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat Joe Biden terlibat perdebatan terkait respon terhadap pandemi virus Corona . Trump menyerang seruan Biden yang meminta semua gubernur di negara itu untuk memerintahkan semua orang mengenakan masker selama tiga bulan ke depan.

Trump menuduh kandidat presiden dari Partai Demokrat itu telah mempolitisasi masalah yang sejatinya telah digunakan oleh dirinya sendiri untuk keuntungan politik dalam beberapa bulan terakhir. Ia mengklaim Biden telah salah tentang pandemi virus Corona di setiap kesempatan, mengabaikan bukti ilmiah dan menempatkan politik sayap kiri di atas fakta dan bukti. Trump kemudian dengan keliru mengatakan bahwa Biden mengadvokasi presiden untuk menggunakan kekuasaan eksekutif guna melembagakan perintah penggunaan masker secara nasional dan Biden mendukung mengunci semua orang Amerika di ruang bawah tanah mereka selama berbulan-bulan.

"Kepada Joe, saya akan mengatakan berhenti bermain politik dengan virus," kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih seperti dikutip dari AP, Jumat (14/8/2020).

Biden sendiri tidak meminta perintah eksekutif, tetapi pada kampanye sebelumnya ia menyerukan institusi penggunaan masker secara nasional segera dilakukan. Biden mengklarifikasi, bagaimanapun, perintah itu harus diserahkan kepada gubernur untuk mewajibkan memakai masker. Ia tidak mengatakan apa-apa tentang membuat warga Amerika tetap di dalam ruangan, tetapi berpendapat bahwa pembukaan kembali ekonomi di negara bagian telah dilakukan dengan terburu-buru dan tanpa bimbingan yang tepat dari pemerintah federal untuk menjaga keamanan bagi warga Amerika. (Baca: Kampanye Bersama, Joe Biden dan Kamala Harris Bersumpah Kalahkan Trump )

Trump menghabiskan bulan-bulan awal pandemi dengan menolak mengenakan masker saat tampil di depan umum, mengejek wartawan yang memakainya, dan me-retweet pesan yang mengolok-olok Biden karena mengenakan masker serta menyiratkan bahwa dia terlihat lemah. Trump pertama kali mengenakan masker di depan umum sekitar sebulan yang lalu, saat berkunjung ke rumah sakit militer, dan sejak itu kadang-kadang menyatakan dukungan untuk penggunaannya. (Baca: Trump Terlihat Gunakan Masker untuk Kali Pertama di Muka Umum )

Pada hari Kamis, dia mengatakan bahwa mengenakan masker adalah tindakan patriotik bagi warga Amerika.

"Mungkin mereka hebat, dan mungkin mereka baik-baik saja. Mungkin mereka tidak begitu baik," ia menambahkan.

Biden, di acara sebelumnya, mengatakan semua warga Amerika harus memakai masker, mengutip prediksi ahli kesehatan bahwa itu bisa menyelamatkan 40.000 nyawa dari virus Corona selama tiga bulan ke depan. Kandidat presiden dari Partai Demokrat itu juga menanggapi mereka yang menolak perintah tersebut.

“Ini Amerika. Jadilah seorang patriot. Lindungi sesama warga negara Anda. Melangkah maju, lakukan hal yang benar,” ujarnya.

Bertahan dan menyerang menandai garis serangan baru dari Trump, yang membuntuti Biden secara signifikan dalam sebagian besar survei nasional dan negara bagian. Biden telah membuat apa yang dia katakan sebagai kesalahan penanganan pandemi oleh Trump - yang sekarang telah menyebabkan kematian 166.000 orang Amerika - sebagai inti dari serangannya terhadap presiden. (Baca: Jajak Pendapat Ungkap Biden Ungguli Trump di Negara Bagian 'Medan Pertempuran' Utama )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)