5 Negara Eropa dengan Pertumbuhan Muslim Tertinggi

Rabu, 28 Februari 2024 - 15:14 WIB
loading...
5 Negara Eropa dengan Pertumbuhan Muslim Tertinggi
Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang mengalami pertumbuhan Muslim tinggi. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Terdapat sedikitnya lima negara Eropa dengan pertumbuhan Muslim tertinggi. Salah satunya adalah Swedia.

Islam memang bukan agama terbesar di Eropa. Kendati begitu, jumlah pemeluknya diprediksi bakal terus meningkat seiring waktu.

Beberapa waktu yang lalu, Pew Research Center melakukan sebuah penelitian untuk melihat pertumbuhan populasi Muslim di Eropa pada masa mendatang. Dalam hal ini, mereka membuat tiga skenario yang didasarkan pada tingkat migrasi di masa depan, yakni rendah, sedang, dan tinggi.

Berikut ini daftar negara Eropa yang diproyeksikan memiliki pertumbuhan Muslim tertinggi dari tahun 2016 hingga 2050 mendatang. Simak ulasannya!

Negara Eropa dengan Pertumbuhan Muslim Tertinggi

1. Swedia

Pada 2016, Swedia tercatat hanya memiliki populasi penduduk beragama Islam sekitar 810.000 jiwa. Angka tersebut diproyeksikan mengalami peningkatan tinggi pada 2050 mendatang.

Pada skenario migrasi rendah, populasi Muslim di Swedia diprediksi bisa menyentuh angka 1,13 juta jiwa. Kemudian, untuk skenario migrasi sedang dapat mencapai 2,47 juta. Proyeksi tertinggi didapat pada skenario migrasi tinggi yang mencapai 4,45 juta pada 2050 mendatang.

Salah satu penyebab peningkatan populasi Muslim di Swedia adalah karena negara tersebut menjadi penerima pengungsi dalam jumlah yang relatif besar. Meski bukan yang paling besar, namun Swedia mengungguli negara seperti Inggris, Italia hingga Prancis sebagai penerima pengungsi terbanyak.


2. Inggris

Berikutnya ada Inggris. Peningkatan populasi penduduk beragama Islam di negara ini terjadi akibat statusnya sebagai salah satu tujuan utama para imigran Muslim di dunia.

Pada 2016, Inggris setidaknya memiliki 4,13 juta penduduk beragama Islam. Angka tersebut diprediksi melejit pada 2050 mendatang dengan tiga skenario migrasi berbeda. Masing-masing adalah 6,56 juta (migrasi rendah), 13 juta (migrasi sedang), atau 13,48 juta (migrasi tinggi).

3. Jerman

Di satu sisi, Inggris menjadi tujuan utama imigran Muslim. Sementara untuk Jerman, mereka tercatat sebagai tujuan utama para pengungsi Muslim. Pada kurun 2010-2016, mereka setidaknya menerima pengungsi mencapai 670.000 jiwa.

Kondisi tersebut menjadikannya sebagai salah satu negara Eropa dengan populasi Muslim terbanyak. Pada 2016, angkanya mencapai 4,95 juta jiwa.

Pada proyeksi 2050 mendatang, populasi Muslim di Jerman diprediksi bakal mengalami kenaikan pesat. Mengacu pada masing-masing skenario, angkanya dapat menjadi 5,99 juta (migrasi rendah), 8,48 juta (migrasi sedang), atau 17,49 juta (migrasi tinggi).

4. Prancis

Prancis tercatat sebagai negara Eropa dengan populasi Muslim terbanyak di Eropa. Mereka juga dikenal sebagai negara yang banyak menerima imigran Muslim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)