Serangan Udara Hantam Bus Sekolah, Koalisi Arab Gelar Penyelidikan

Sabtu, 11 Agustus 2018 - 11:07 WIB
Serangan Udara Hantam Bus Sekolah, Koalisi Arab Gelar Penyelidikan
Serangan Udara Hantam Bus Sekolah, Koalisi Arab Gelar Penyelidikan
A A A
RIYADH - Koalisi Arab yang dipimpin Arab Saudi mengumumkan penyelidikan atas serangan udara yang menghantam sebuah bus di Yaman utara. Sebanyak 29 anak-anak tewas dalam serangan itu.

"Pemimpin koalisi telah memerintahkan segera dibukanya penyelidikan untuk menilai peristiwa itu, memperjelas situasi dan mengumumkan hasilnya sesegara mungkin," ujar seorang pejabat senior koalisi yang dikutip AFP dari kantor berita Saudi Press Agency yang dikelola negara, Sabtu (11/8/2018).

Pengumuman itu terjadi sehari setelah serangan di markas pemberontak Yaman utara, Saada. Serangan itu juga menyebabkan sedikitnya 48 orang lainnya terluka, dan memicu seruan untuk melakukan penyelidikan dari PBB dan Washington.

"Keputusan untuk melakukan penyelidikan terhadap serangan itu mengikuti informasi yang dilaporkan oleh media dan organisasi internasional yang bekerja di Yaman, mengenai operasi oleh pasukan koalisi di provinsi Saada Kamis, dan sebuah bus penumpang yang menderita kerusakan dalam operasi ini," terang pejabat itu.

Sebuah rumah sakit yang didukung oleh Komite Internasional Palang Merah menerima 29 jenazah anak-anak setelah serangan, kata organisasi itu.

Menteri Kesehatan Houthi, Taha al-Mutawakel, menyebutkan korban tewas 51 orang, termasuk 40 anak-anak, sekaligus memperingatkan jumlah korban bisa meningkat lebih lanjut.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan penyelidikan "independen dan cepat" atas insiden itu, sementara Departemen Luar Negeri AS mendesak koalisi untuk melakukan penyelidikan "menyeluruh dan transparan".

Baca Juga: Serangan Udara Saudi Cs Hantam Bus Sekolah, AS Serukan Penyelidikan
PBB Serukan Penyelidikan atas Serangan Saudi di Yaman
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3421 seconds (0.1#10.140)