PBB Serukan Penyelidikan atas Serangan Saudi di Yaman

Jum'at, 10 Agustus 2018 - 20:16 WIB
PBB Serukan Penyelidikan atas Serangan Saudi di Yaman
PBB Serukan Penyelidikan atas Serangan Saudi di Yaman
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres memerintahkan menyelidikan secara penuh dan independen atas serangan udara koalisi pimpinan Arab Saudi di Yaman. Serangan itu menghantam sebuah bus sekolah.

Wakil juru bicara PBB, Farhan Haq menyatakan Guterres sangat marah dengan serangan tersebut dan mengutuknya dengan bahasa paling keras. Guterres, lanjut Haq, mendesak untuk segera dilakukanya penyelidikan atas serangan tersebut.

"Sekjen mengutuk serangan udara hari ini oleh pasukan koalisi di Saada, yang menghantam daerah pasar yang sibuk di Kabupaten Majz, dan berdampak pada bus yang membawa anak-anak dari kamp musim panas. Dia meminta penyelidikan independen dan cepat atas insiden ini," ucap Haq, seperti dilansir Sputnik pada Jumat (10/8).

Sebelumnya, seruan serupa juga disampaikan oleh Amerika Serikat (AS). Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert, mengatakan AS prihatin oleh laporan serangan yang mengakibatkan kematian warga sipil.

"Kami menyerukan koalisi pimpinan Saudi untuk melakukan penyelidikan menyeluruh dan transparan atas insiden itu," ucap Nauert dan menambahkan AS sangat serius menanggapi laporan kredibel tentang korban sipil.

Sementara itu, Koalisi Arab dalam sebuah pernyataan kepada Al-Arabiya mengakui bahwa meluncurkan serangan di Saada. Namun, target serangan adalah peluncur rudal dan sesuai dengan hukum internasional dan kemanusiaan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4196 seconds (0.1#10.140)