Kapal dan 32 Awaknya Ini Lenyap Misterius 120 Tahun, Penyebabnya Kini Terungkap

Selasa, 27 Februari 2024 - 13:19 WIB
loading...
Kapal dan 32 Awaknya Ini Lenyap Misterius 120 Tahun, Penyebabnya Kini Terungkap
Kapal SS Nemesis yang lenyap misterius bersama 32 awaknya selama 120 tahun di lepas pantai Australia telah ditemukan. Penyeban tragedi ini juga telah terungkap. Foto/via New York Post
A A A
SYDNEY - Sebuah kapal pengangkut batu bara lenyap misterius di lepas pantai New South Wales, Australia, pada tahun 1904. Setelah 120 tahun, kapal pembawa 32 orang itu akhirnya ditemukan dan penyebabnya terungkap.

Selama lebih dari seabad, hilangnya kapal bernama SS Nemesis itu menjadi misteri.

SS Nemesis sedang mengangkut batu bara ke Melbourne pada bulan Juli 1904 ketika terjebak dalam badai dahsyat di lepas pantai New South Wales dan menghilang bersama 32 awaknya.

Sebelum ditemukan, hilangnya kapal SS Nemesis sepanjang 240 kaki itu telah menimbulkan kegaduhan di media dan perhatian publik yang besar.



Subsea Professional Marine Services, sebuah perusahaan penginderaan jarak jauh yang mencari kapal kargo yang hilang di dasar laut lepas pantai Sydney pada tahun 2022, secara tidak sengaja menemukan bangkai kapal yang hilang.

Bangkai kapal itu sama sekali tidak tersentuh, berada sekitar 16 mil di lepas pantai New South Wales dan di bawah permukaan air hampir 525 kaki.

Perusahaan itu mencurigai kapal yang tenggelam di bawah laut tersebut adalah SS Nemesis, namun mereka harus menggunakan citra bawah air khusus untuk memastikan ciri khas bangkai kapal tersebut selaras dengan foto-foto sejarah dan sketsa dari si kapal pengangkut batu bara.

Gambar menunjukkan bangkai kapal yang terbuat dari besi itu terletak tegak di dataran berpasir. Haluan dan buritannya rusak parah.

Dari penemuan tersebut terungkap bahwa kapal tersebut tenggelam karena mesinnya kewalahan akibat badai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1048 seconds (0.1#10.140)