Swedia Akhirnya Gabung NATO: 'Rusia Pasti Tak Suka'

Selasa, 27 Februari 2024 - 10:45 WIB
loading...
A A A
Swedia, yang netral secara militer selama dua abad, kemudian akan diundang untuk mengaksesi Perjanjian Washington dan secara resmi menjadi anggota NATO ke-32.

Semua negara Baltik kecuali Rusia sekarang akan menjadi bagian dari aliansi tersebut.

Perdana Menteri Giorgia Meloni dari Italia, yang saat ini memimpin kelompok negara demokrasi industri G7, mengatakan masuknya Swedia memperkuat NATO untuk mempertahankan perdamaian dan kebebasan di benua Eropa.

Bersamaan dengan langkahnya menjadi anggota NATO, Swedia menandatangani perjanjian pada bulan Desember yang memberikan Amerika Serikat akses ke 17 pangkalan militer Swedia.

Meningkatnya jumlah anggota NATO ini disertai dengan pernyataan yang lebih tegas dari para pemimpinnya. Jenderal Per Micael Buden, panglima militer Swedia, mengatakan pada bulan Januari bahwa rakyat Swedia harus mempersiapkan mental untuk perang.

“Ini adalah bagian terakhir dari teka-teki dalam peta NATO untuk Eropa utara,” kata Robert Dalsjo, analis Badan Penelitian Pertahanan Swedia (FOI).

Masyarakat di Swedia sebagian besar menyambut baik persetujuan oleh Hongaria tersebut.

"Swedia akan lebih aman...membawa kita lebih dekat dengan tetangga kita di Eropa," kata Jimmy Dahllof (35), warga setempat.

“Saya sangat lega karena kami telah menunggu begitu lama,” kata Ingrid Lindskrog, seorang pensiunan berusia 73 tahun di Swedia.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0945 seconds (0.1#10.140)