Swedia Akhirnya Gabung NATO: 'Rusia Pasti Tak Suka'

Selasa, 27 Februari 2024 - 10:45 WIB
loading...
A A A
Finlandia bergabung pada bulan April tahun lalu, namun pencalonan Swedia terhenti oleh Hongaria dan Turki, dan Ankara baru menyetujui pencalonan Stockholm pada bulan lalu.

Hongaria kemudian menyusul, dengan 188 anggota Parlemen memberikan suara mendukung dan enam anggota parlemen sayap kanan menentang.

“Hari ini adalah hari bersejarah...Swedia siap memikul tanggung jawabnya atas keamanan Euro-Atlantik,” kata PM Kristersson di X.

Berbicara tentang kemungkinan reaksi Rusia, Kristersson mengatakan pada konferensi pers: “Satu-satunya hal yang dapat kita harapkan dengan pasti adalah bahwa mereka tidak menyukai Swedia atau Finlandia menjadi anggota NATO."

"Ke depan, negara-negara Nordik akan memiliki pertahanan bersama untuk pertama kalinya dalam 500 tahun...kami tetap berteman, dan kami menjadi sekutu,” katanya.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban telah lama menghentikan keanggotaan Swedia tetapi mengatakan kepada Parlemen bahwa hal itu akan “memperkuat keamanan Hongaria”.

Meskipun berulang kali mengatakan bahwa mereka mendukung keanggotaan Swedia pada prinsipnya, Hongaria terus memperpanjang proses tersebut, meminta Stockholm untuk berhenti “menjelek-jelekkan” pemerintah Hongaria.

Setelah pertemuan pada hari Jumat antara Orban dan Kristersson di Budapest, pemimpin Hongaria mengumumkan bahwa keduanya telah mengklarifikasi “niat baik kami bersama”.

Hongaria juga menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi empat jet tempur buatan Swedia, memperluas armadanya yang terdiri dari 14 pesawat tempur Jas-39 Gripen.

Presiden Hongaria diperkirakan akan menandatangani undang-undang terkait persetujuan Swedia menjadi anggota baru NATO dalam beberapa hari ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)