Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?

Minggu, 25 Februari 2024 - 16:11 WIB
loading...
Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?
Tulsi Gabbard mungkin merupakan kuda hitam terbesar dalam daftar calon wakil presiden bagi Donald Trump. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Donald Trump berada dalam jarak yang sangat dekat untuk memenangkan nominasi presiden dari Partai Republik dan persaingan untuk bergabung dengannya semakin memanas.

Para sekutu dan bahkan beberapa mantan saingan mantan presiden telah menyatakan kesetiaan mereka dan menggalang pendukungnya dalam kampanye, dan beberapa diantaranya secara terbuka mengikuti audisi untuk peran tersebut.

Trump sendiri telah menggoda banyak orang dengan berbagai pilihan, namun baru-baru ini mengatakan kepada Fox News bahwa ia "tidak terburu-buru" dalam memilihnya. “Itu tidak akan berdampak sama sekali,” katanya.

Saat Trump maju menuju nominasi, berikut ini adalah para kandidat dari Partai Republik yang dikabarkan masuk dalam daftar calon wakil presidennya. Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?

1. Elise Stefanik

Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?

Foto/Reuters

Melansir BBC, Stefanik, 39 tahun, yang pernah menjadi anggota Partai Republik yang moderat dan ragu-ragu terhadap Trump, kini semakin mendekati sayap kanan partainya dalam beberapa tahun terakhir, dan tumbuh menjadi salah satu pembela Trump yang paling setia.

Siapakah bintang muda Partai Republik yang sedang naik daun, Elise Stefanik?

Kini, sebagai wanita dengan jabatan tertinggi di antara anggota DPR dari Partai Republik, Stefanik juga telah mencapai ketenaran yang cukup konservatif - pertama karena karyanya dalam tim pembela pemakzulan Trump yang pertama pada tahun 2020 dan, yang terbaru, karena tindakannya yang viral dalam menjatuhkan dua presiden perguruan tinggi Ivy League. .

"Elise menjadi sangat terkenal," kata Trump kepada para pendukungnya pekan lalu tentang pertanyaan kontroversialnya terhadap para pimpinan perguruan tinggi. "Bukankah itu indah?"

Stefanik tampaknya terbuka untuk hal itu, dan mengatakan kepada wartawan akhir pekan lalu bahwa dia akan merasa "terhormat" untuk bertugas di pemerintahan Trump "dalam kapasitas apa pun".

2. Tim Scott

Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?

Foto/Reuters

Senator Tim Scott, seorang Republikan dari Carolina Selatan, kanan, berbicara sambil berdiri di samping mantan Presiden AS Donald Trump dalam acara kampanye di Concord, New Hampshire, AS, pada Jumat, 19 Januari 2024.

Tim Scott, yang pernah menjadi pesaing nominasi Partai Republik, adalah seorang senator dan salah satu anggota Partai Republik kulit hitam paling terkemuka di AS.

Dia menyatakan dirinya sebagai seorang konservatif yang optimis namun kampanyenya gagal mendapatkan dukungan dari para pemilih. Pada bulan November, setelah tiga kali penampilan debatnya kurang memuaskan, dia keluar dari pencalonan.

Scott, yang berusia 58 tahun, nampaknya akan terjun langsung ke dalam ring wakil presiden pada bulan Januari dengan dukungannya terhadap Trump - memberikan sikap acuh tak acuh kepada sesama warga Carolina Selatan, Nikki Haley, wanita yang pertama kali mengangkatnya ke Senat.

Namun pernyataan Scott yang menggembirakan pada rapat umum kampanye Trump menjelang pemilihan pendahuluan di New Hampshire-lah yang mendorong namanya dengan kuat ke dalam perbincangan Wakil Presiden. "Kami membutuhkan Donald Trump," kata Scott kepada para pemilih.

Dia kemudian muncul di panggung bersama Trump selama pidato kemenangannya, berdiri tepat di belakangnya dalam tayangan televisi. Pada satu titik, dia berkata kepada Trump: "Saya hanya mencintaimu." Mantan presiden tersebut menjawab: "Itulah mengapa Anda adalah politisi yang hebat."

Melansir BBC, dalam penampilan bersama baru-baru ini, Trump memuji anggota parlemen Carolina Selatan itu karena "lebih baik [dalam melakukan advokasi] untuk saya dibandingkan untuk dirinya sendiri".

3. Kristi Noem

Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?

Foto/Reuters

Kristi Noem, seorang warga Dakota Selatan yang putus kuliah untuk menjalankan pertanian keluarga, menjabat sebagai satu-satunya anggota DPR negara bagiannya selama delapan tahun dan terpilih sebagai gubernur perempuan pertama pada tahun 2018.

Keputusan ini telah membantu Noem meningkatkan profil nasionalnya di kalangan konservatif, terutama ketika dia mengabaikan mandat penggunaan masker dan pembatasan lainnya selama era pandemi.

Laporan-laporan cabul tentang perselingkuhan jangka panjang dengan mantan manajer kampanye Trump Corey Lewandowski mengancam akan menggagalkan ambisi pria berusia 52 tahun itu.

Namun Noem memiliki hubungan baik dengan Trump - yang menurutnya "percaya diri dengan siapa dirinya" - dan Trump mengonfirmasi kepada Fox News bahwa namanya ada dalam daftar kandidatnya.

4. Vivek Ramaswamy

Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?

Foto/Reuters

Seorang pengusaha bioteknologi yang tidak memiliki pengalaman politik sebelumnya, Vivek Ramaswamy mengesankan para penggemar Trump selama pencalonannya sebagai presiden tahun 2024 dengan retorikanya yang tegas, agenda kebijakan yang berani, dan semangat mudanya.

Dia juga muncul sebagai pembela utama saingannya di kubu Partai Republik, dengan menyebutnya sebagai "presiden terbaik abad ke-21" dan berjanji akan memaafkannya jika dia terbukti bersalah dalam persidangan pidana mendatang.

Pria keturunan India-Amerika berusia 38 tahun ini menarik perhatian dan kontroversi dalam kampanyenya, namun setelah mengalahkan politisi yang lebih mapan, ia berada di urutan keempat dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik yang pertama di Iowa.

Segera mengundurkan diri setelah hasil tersebut, Ramaswamy memberikan dukungan penuhnya kepada Trump, dan mengatakan kepada para pendukungnya bahwa "harus ada kandidat 'America First' di Gedung Putih".

5. Byron Donalds

Byron Donalds, 45, adalah salah satu wajah baru di kancah nasional dan telah membantu meningkatkan profil konservatisme kulit hitam.

Lahir di New York dari seorang ibu tunggal, Donalds bekerja di perbankan, asuransi dan keuangan sebelum memasuki politik lokal di Florida pada tahun 2012.

Setelah empat tahun di Dewan Perwakilan Rakyat Florida, ia menjabat sejak tahun 2020 di DPR AS, mewakili sayap kanan keras partainya di Washington.

Ketika ditanya pada bulan November apakah dia akan menerima peran wakil presiden pada masa jabatan Trump yang kedua, anggota kongres tersebut berkata: "Maksud saya, siapa yang tidak mau?"


6. Tulsi Gabbard

Siapa yang Akan Dipilih Donald Trump sebagai Calon Wakil Presidennya?

Foto/Reuters

Sebagai anggota Kongres AS pertama yang beragama Hindu, mantan anggota kongres Hawaii Tulsi Gabbard mungkin merupakan kuda hitam terbesar dalam daftar calon Trump.

Satu dekade yang lalu, veteran Perang Irak dan tentara cadangan AS menjabat sebagai wakil ketua Komite Nasional Demokrat – sebelum mengundurkan diri untuk mendukung kampanye presiden Bernie Sanders pada tahun 2016.

Masa jabatannya di Kongres, dari tahun 2013 hingga 2021, ditandai dengan seringnya kritik terhadap pemerintahan Obama dan intervensi militer AS, termasuk keputusan kontroversial untuk bertemu dengan pemimpin Suriah Bashar al-Assad.

Dia mencalonkan diri dalam pemilihan pendahuluan presiden dari Partai Demokrat tahun 2020, dengan momen paling menonjolnya adalah kritik keras terhadap Kamala Harris - yang sekarang menjabat sebagai wakil presiden - atas masa lalunya sebagai jaksa di California.

Gabbard, 42, adalah orang terakhir yang keluar dari pencalonan itu, mendukung Joe Biden. Namun sejak itu dia mengambil beberapa posisi konservatif, meningkatkan kontribusinya pada Fox News dan mengumumkan pada tahun 2022 bahwa dia meninggalkan Partai Demokrat.

The Washington Post melaporkan awal bulan ini bahwa Trump telah berbicara dengan Gabbard – seorang kritikus vokal terhadap bantuan Ukraina – mengenai kebijakan luar negeri dan pengelolaan Pentagon.

7. JD Vance

JD Vance, 39, senator junior dari Ohio, juga berada di New Hampshire untuk menggalang dukungan atas nama Trump.

Mantan kapitalis ventura lulusan Yale ini pertama kali menjadi berita utama karena bukunya yang terlaris, Hillbilly Elegy, sebuah memoar yang mengikuti masa kecilnya di lingkungan kelas pekerja di Midwest.

Vance, yang pernah menyebut dirinya "tidak pernah menjadi Trump", mengubah dirinya menjadi murid setia Trump ketika ia mencalonkan diri sebagai anggota Senat pada tahun 2022. Hal ini membuahkan hasil: dukungan Trump terhadap Vance memberikan kampanyenya dorongan penting baik dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik yang padat maupun pemilihan umum.

Saat menjabat, dia telah memperjuangkan isu-isu sayap kanan yang menjiwai basis Trump.

Vance mengatakan bahwa ia akan lebih berguna bagi Trump di Senat, namun ia tampaknya tidak menutup kemungkinan untuk menjadi wakil presiden. “Saya ingin membantunya semampu saya,” katanya.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)