Peringati 2 Tahun Invasi, Ukraina Bersumpah Menang Perang atas Rusia

Minggu, 25 Februari 2024 - 13:13 WIB
loading...
A A A
Namun Zelensky dan komandan utamanya pada hari Sabtu berusaha membangkitkan dukungan militer dan keuangan utama negara tersebut.

“Kami akan menang,” kata Zelensky sebelumnya dalam sebuah upacara di bandara Gostomel di Kyiv, yang menjadi sasaran Rusia pada hari pertama serangan besar-besaran pada tahun 2022.

Panglima militer baru Ukraina Oleksandr Syrsky mengatakan dia yakin akan kemenangan “karena cahaya selalu mengalahkan kegelapan”.

Ketika Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan "operasi militer khusus" saat fajar pada tanggal 24 Februari 2022, banyak yang mengharapkan kemenangan dalam beberapa hari, tetapi Ukraina melawan, memaksa pasukan Moskow mundur.

Namun, sejak itu, Ukraina mengalami kemunduran dengan kegagalan serangan balasannya pada tahun 2023.

Rusia telah berinvestasi besar-besaran dalam industri pertahanannya dan merekrut ratusan ribu tentara, sementara Ukraina kekurangan tentara dan kehabisan amunisi yang dipasok Barat untuk artileri dan pertahanan udara.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mendesak Ukraina dan sekutunya untuk tidak "berkecil hati" dan von der Leyen memuji "perlawanan luar biasa" Ukraina saat dia tiba di Ibu Kota Ukraina.

Kyiv menandatangani perjanjian keamanan dengan Ottawa dan Roma pada hari Sabtu, dengan Kanada mengatakan akan memberikan total USD2,2 miliar dukungan keuangan dan militer pada tahun 2024.

“Kami akan mendukung Ukraina dengan apa pun yang diperlukan, selama diperlukan,” kata PM Kanada Justin Trudeau.

Kyiv menghadapi salah satu momen tersulit sejak invasi Rusia, dengan penundaan pengiriman artileri Eropa yang dijanjikan sehingga memperburuk kebuntuan bantuan di Washington.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1032 seconds (0.1#10.140)