5 Dampak Buruk Perang Israel di Gaza dan Krisis Laut Merah bagi Mesir

Sabtu, 24 Februari 2024 - 16:08 WIB
loading...
5 Dampak Buruk Perang Israel di Gaza dan Krisis Laut Merah bagi Mesir
Mesir menjadi negara yang paling terdampak akibat konflik Gaza dan konflik Laut Merah. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Sudah menghadapi krisis yang parah, perekonomian Mesir tampaknya siap menerima pukulan dari perang Israel di Gaza dan meningkatnya ketegangan di Laut Merah.

Saat ini dalam kondisi “bantuan kehidupan”, perekonomian Mesir yang memburuk menderita karena meningkatnya utang publik yang kini mencapai lebih dari 90 persen produk domestik bruto (PDB), pelarian modal dan jatuhnya mata uang terhadap dolar AS.

Kini, tantangan-tantangan tersebut semakin diperparah oleh perang, ketika wilayah tersebut semakin dekat dengan perbatasan Mesir, dengan sebagian besar penduduk Gaza terdesak ke Rafah, setelah empat bulan mengungsi akibat serangan Israel yang tiada henti. Pariwisata dan Terusan Suez adalah dua sumber devisa utama Mesir.

5 Dampak Buruk Perang Israel di Gaza dan Krisis Laut Merah bagi Mesir

1. Prospek pariwisata yang suram

5 Dampak Buruk Perang Israel di Gaza dan Krisis Laut Merah bagi Mesir

Foto/Reuters

Piramida, museum, resor, dan monumen di Mesir menarik pengunjung dari seluruh dunia dan telah lama menjadikan pariwisata sebagai sumber utama pendapatan nasional. Pada tahun 2022, sekitar tiga juta orang Mesir bekerja di industri pariwisata.

Sebelum perang Israel di Gaza meletus, sektor pariwisata Mesir sudah berjuang untuk pulih dari COVID-19. Namun tampaknya hal itu kembali terjadi. Perang Gaza dan krisis Laut Merah dapat menurunkan prospek pendapatan dari industri ini.

Menurut S&P Global Ratings, pendapatan pariwisata Mesir diperkirakan akan mengalami penurunan 10-30 persen dibandingkan tahun lalu, yang dapat merugikan negara tersebut sebesar 4-11 persen cadangan devisanya dan menyusutkan PDB.

“Kedekatan konflik dengan semenanjung Sinai telah menyebabkan penurunan tajam dalam pariwisata, yang menghasilkan…pendapatan sebesar USD13,63 miliar selama tahun fiskal 2022-23,” Amr Salah Mohamed, dosen tetap di Universitas George Mason, mengatakan kepada Al Jazeera,

“Meskipun sejauh ini tingkat kerusakan pariwisata Mesir akibat konflik yang sedang berlangsung sulit untuk diukur, indikasi awal, seperti penurunan pemesanan sebesar 25 persen pada awal bulan November, menunjukkan adanya penurunan substansial yang kemungkinan akan terus berlanjut jika konflik terus berlanjut. " dia menambahkan.


2. Penurunan Pendapatan Terusan Suez

5 Dampak Buruk Perang Israel di Gaza dan Krisis Laut Merah bagi Mesir

Foto/Reuters

Sejak November, Mesir telah bergulat dengan dampak ekonomi dari serangan rudal dan pesawat tak berawak Houthi terhadap kapal-kapal komersial yang terkait dengan Israel di Laut Merah, yang merupakan respons Houthi terhadap perang Israel di Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)