Daftar Negara Timur Tengah Anggota PBB Beserta Tahun Bergabungnya

Jum'at, 23 Februari 2024 - 17:30 WIB
loading...
Daftar Negara Timur Tengah Anggota PBB Beserta Tahun Bergabungnya
Negara-negara anggota berkumpul dalam pertemuan PBB di New York, AS. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Hampir semua Negara Timur Tengah merupakan anggota PBB. Karena jika ditarik dari definisi umum terkait Negara Timur Tengah, hanya ada satu wilayah saja yang tidak menjadi anggota PBB.

Timur Tengah sendiri merupakan istilah geografis Eurosentris. Istilah ini digunakan untuk mempermudah nama-nama wilayah yang berada di sekitarnya, misalnya seperti Istilah Timur Jauh untuk menggambarkan wilayah Asia Timur seperti China, Korea, dan Jepang.

Awalnya Timur Tengah didefinisikan sebagai wilayah yang berada di antara Jazirah Arab, Mesopotamia, dan Persia serta Asia Tengah.

Namun kini istilah negara Timur Tengah sudah mulai meluas ke arah barat untuk menyelimuti Mediterania Timur dan bahkan Afrika Utara, kadang-kadang dengan hingga pinggiran timurnya di Asia Tengah.

Sejak PBB didirikan pada 24 Oktober 1945, persisnya setelah Perang Dunia II, mulai banyak negara yang ikut serta menjadi anggota organisasi internasional ini demi mewujudkan perdamaian dunia.

Hingga kini, jumlah anggota PBB adalah sebanyak 193 negara, jumlah tersebut sudah termasuk beberapa negara Timur Tengah anggota PBB ini.

Daftar Negara Timur Tengah Anggota PBB

1. Turki


Turki merupakan salah satu negara Timur Tengah pertama yang menjadi anggota PBB, ketika badan tersebut baru terbentuk di tahun 1945.

2. Siprus


Keanggotaan negara ini di PBB terhitung sejak tahun 1960.

3. Suriah


Suriah bergabung dengan PBB sejak tahun 1945, ketika badan itu resmi dibentuk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0780 seconds (0.1#10.140)