Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Bukan itu saja. Juru bicara tersebut mengejek Brasil atas kekalahan memalukan 7-1 di tangan – atau lebih tepatnya kaki – Jerman di semifinal Piala Dunia 2014, yang mana Brasil menjadi tuan rumah. Serangan Israel terhadap Gaza pada tahun itu, katanya, “proporsional”. Yang “tidak proporsional”, katanya, adalah skor semifinal.

Brasil, bersama 28 negara lainnya, mendukung penyelidikan Dewan Hak Asasi Manusia PBB atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia Israel dalam serangan tersebut. Diperkirakan 2.000 warga sipil tewas dalam perang itu.

Pada bulan November tahun lalu, Israel membuat kesal pihak berwenang Brasil ketika badan intelijen luar negerinya, Mossad, secara terbuka mengatakan pihaknya membantu Brasilia menggagalkan rencana serangan kelompok Hizbullah di negara Amerika Selatan tersebut. Mossad mengaitkan rencana serangan tersebut dengan perang Gaza yang sedang berlangsung, sehingga menunjukkan bahwa kehidupan orang Yahudi di Brasil berada di bawah ancaman.

Menteri Kehakiman Brasil Flavio Dino tidak menyangkal bantuan tersebut namun menanggapinya dengan pernyataan yang jelas bahwa “Brasil adalah negara berdaulat,” dan “tidak ada perintah pasukan asing di sekitar Polisi Federal Brasil”.

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)