Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel
Israel dan Brasil memiliki hubungan antara cinta dan benci. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Brasil telah menarik duta besarnya untuk Israel dan mengatakan tidak akan mencabut pernyataan yang oleh pemerintah Israel disebut “anti-Semit” ketika perselisihan antara kedua negara meningkat minggu ini.

Pada hari Minggu, Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva membandingkan perang Israel di Gaza, yang menewaskan hampir 30.000 warga Palestina, dengan Holocaust, sehingga memicu kemarahan Israel.

Israel menyatakan Lula persona non grata pada hari Senin, memanggil duta besar Brasil dan menuntut agar Brasilia mencabut pernyataan tersebut. Sebagai imbalannya, Brazil memanggil duta besar Israel di Brasilia untuk memberikan sanksi pada hari Senin dan juga memanggil kembali utusannya untuk Tel Aviv.

Ketegangan ini menandai babak terbaru dalam hubungan antara dua negara yang terpisah lebih dari 10.000 km namun terikat oleh sejarah sejak berdirinya Israel.

3 Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil serta Israel

1. Brasil Menentang Invasi Israel ke Gaza

Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Brasil mengecam serangan tanggal 7 Oktober terhadap Israel, yang dipimpin oleh kelompok bersenjata Palestina Hamas, yang menewaskan 1.139 orang dan lebih dari 200 orang disandera.

Namun, negara ini juga vokal mengenai perang di Gaza, mengutuk serangan tanpa pandang bulu yang dilakukan Israel terhadap warga sipil dan infrastruktur penting. Lula mengatakan tahun lalu bahwa kematian ribuan anak “sangat mengejutkan”.

Di Dewan Keamanan PBB, yang merupakan anggota tidak tetapnya, Brasil mendukung setiap resolusi yang menyerukan gencatan senjata di Gaza meskipun Amerika Serikat telah memveto langkah tersebut.

Pada bulan November setelah Israel akhirnya mengizinkan sejumlah orang asing, berkewarganegaraan ganda, dan pasien Palestina untuk meninggalkan Gaza melalui penyeberangan Rafah dengan Mesir, warga Brasil pada awalnya tidak dimasukkan dalam daftar harian, sehingga memicu spekulasi bahwa Israel menghukum Brasil karena sikap diplomatiknya. Israel membantah saran tersebut.

Ketika penerbangan repatriasi ke Brasil akhirnya dimulai, Lula berada di landasan bandara di Brasilia untuk menyambut warga Palestina Brasil saat mereka mendarat.

Selama beberapa dekade, Brasil telah menyerukan pembentukan negara Palestina di perbatasan yang sudah ada sebelum Perang Arab-Israel tahun 1967, ketika Israel merebut Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur.

2. Brasil Pernah Mendukung Pembentukan Israel

Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Foto/Reuters

Faktanya, Brasil punya peran dalam pembentukan Israel.

Brasil menjadi presiden Majelis Umum PBB pada bulan November 1947 ketika Rencana Pemisahan PBB untuk Palestina pertama kali disampaikan kepada badan tersebut, dan Brasil memainkan peran penting dalam memastikan rencana tersebut diadopsi. Rencana pembagian tersebut merekomendasikan pembentukan negara Yahudi di Mandat Palestina yang dikelola Inggris.

Oswaldo Aranha, yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Brasil dan menjadi kepala delegasi negara tersebut di PBB, memimpin Majelis Umum dan memainkan peran penting dalam diskusi mengenai rencana pembagian wilayah tersebut.

Menurut Gerson Menandro Garcia de Freitas, mantan duta besar Brasil untuk Israel, Aranha menyadari pada hari pemungutan suara awal bahwa rencana tersebut tidak mendapat cukup dukungan, jadi dia membujuk para pembicara untuk memperpanjang pidato mereka dan menghabiskan waktu, yang pada akhirnya menunda penundaan. pemungutan suara dalam waktu dua hari, yang mana pada saat itu, cukup banyak suara yang telah diperoleh untuk pembentukan Israel. Saat ini, Tel Aviv dan Beersheba memiliki jalan yang diberi nama Aranha, dan Yerusalem memiliki lapangan umum yang diberi nama untuk menghormati diplomat Brasil tersebut.

Brasil juga merupakan salah satu negara pertama yang secara resmi mengakui negara Israel pada tahun 1949.

Lebih dari 100.000 orang Yahudi tinggal di Brasil, menjadikannya komunitas Yahudi terbesar kedua di Amerika Latin.

Hubungan antara Brasil dan Israel berkembang pesat di bawah kepemimpinan mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang menyatakan Brasil sebagai sahabat terbaik Israel. Ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi Bolsonaro ketika ia menjadi presiden terpilih pada tahun 2018, pemimpin Israel tersebut dianugerahi hadiah nasional yang sebelumnya diberikan kepada Ratu Elizabeth II dan Presiden AS Dwight Eisenhower.

Bolsonaro kemudian memicu kontroversi ketika dia mengisyaratkan kemungkinan memindahkan kedutaan Brasil di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem setelah langkah serupa dilakukan AS. Dalam perjalanannya ke Israel pada tahun 2019, Bolsonaro mengunjungi Tembok Barat Temple Mount, situs paling suci dalam Yudaisme, bersama Netanyahu. Letaknya di wilayah pendudukan Israel di Yerusalem dan juga dikenal sebagai kompleks Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam. Selama perjalanan itu, Bolsonaro memilih untuk mengumumkan misi dagang non-diplomatik di kota tersebut daripada kedutaan penuh.

3. Memiliki Hubungan Panas dan Dingin

Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, krisis yang terjadi saat ini bukanlah pertama kalinya hubungan Brasil dan Israel memburuk.

Pada tahun 2014, Brasil – yang saat itu berada di bawah anak didik Lula, Presiden Dilma Roussef – mengkritik kekerasan Israel terhadap warga Palestina dan memanggil kembali duta besarnya untuk pembicaraan diplomatik. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel menanggapi hal ini dengan menggambarkan Brasil sebagai “orang kerdil diplomatis”, yang semakin meningkatkan ketegangan.

Bukan itu saja. Juru bicara tersebut mengejek Brasil atas kekalahan memalukan 7-1 di tangan – atau lebih tepatnya kaki – Jerman di semifinal Piala Dunia 2014, yang mana Brasil menjadi tuan rumah. Serangan Israel terhadap Gaza pada tahun itu, katanya, “proporsional”. Yang “tidak proporsional”, katanya, adalah skor semifinal.

Brasil, bersama 28 negara lainnya, mendukung penyelidikan Dewan Hak Asasi Manusia PBB atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia Israel dalam serangan tersebut. Diperkirakan 2.000 warga sipil tewas dalam perang itu.

Pada bulan November tahun lalu, Israel membuat kesal pihak berwenang Brasil ketika badan intelijen luar negerinya, Mossad, secara terbuka mengatakan pihaknya membantu Brasilia menggagalkan rencana serangan kelompok Hizbullah di negara Amerika Selatan tersebut. Mossad mengaitkan rencana serangan tersebut dengan perang Gaza yang sedang berlangsung, sehingga menunjukkan bahwa kehidupan orang Yahudi di Brasil berada di bawah ancaman.

Menteri Kehakiman Brasil Flavio Dino tidak menyangkal bantuan tersebut namun menanggapinya dengan pernyataan yang jelas bahwa “Brasil adalah negara berdaulat,” dan “tidak ada perintah pasukan asing di sekitar Polisi Federal Brasil”.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)