Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Kamis, 22 Februari 2024 - 16:16 WIB
loading...
A A A
Faktanya, Brasil punya peran dalam pembentukan Israel.

Brasil menjadi presiden Majelis Umum PBB pada bulan November 1947 ketika Rencana Pemisahan PBB untuk Palestina pertama kali disampaikan kepada badan tersebut, dan Brasil memainkan peran penting dalam memastikan rencana tersebut diadopsi. Rencana pembagian tersebut merekomendasikan pembentukan negara Yahudi di Mandat Palestina yang dikelola Inggris.

Oswaldo Aranha, yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri Brasil dan menjadi kepala delegasi negara tersebut di PBB, memimpin Majelis Umum dan memainkan peran penting dalam diskusi mengenai rencana pembagian wilayah tersebut.

Menurut Gerson Menandro Garcia de Freitas, mantan duta besar Brasil untuk Israel, Aranha menyadari pada hari pemungutan suara awal bahwa rencana tersebut tidak mendapat cukup dukungan, jadi dia membujuk para pembicara untuk memperpanjang pidato mereka dan menghabiskan waktu, yang pada akhirnya menunda penundaan. pemungutan suara dalam waktu dua hari, yang mana pada saat itu, cukup banyak suara yang telah diperoleh untuk pembentukan Israel. Saat ini, Tel Aviv dan Beersheba memiliki jalan yang diberi nama Aranha, dan Yerusalem memiliki lapangan umum yang diberi nama untuk menghormati diplomat Brasil tersebut.

Brasil juga merupakan salah satu negara pertama yang secara resmi mengakui negara Israel pada tahun 1949.

Lebih dari 100.000 orang Yahudi tinggal di Brasil, menjadikannya komunitas Yahudi terbesar kedua di Amerika Latin.

Hubungan antara Brasil dan Israel berkembang pesat di bawah kepemimpinan mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang menyatakan Brasil sebagai sahabat terbaik Israel. Ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi Bolsonaro ketika ia menjadi presiden terpilih pada tahun 2018, pemimpin Israel tersebut dianugerahi hadiah nasional yang sebelumnya diberikan kepada Ratu Elizabeth II dan Presiden AS Dwight Eisenhower.

Bolsonaro kemudian memicu kontroversi ketika dia mengisyaratkan kemungkinan memindahkan kedutaan Brasil di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem setelah langkah serupa dilakukan AS. Dalam perjalanannya ke Israel pada tahun 2019, Bolsonaro mengunjungi Tembok Barat Temple Mount, situs paling suci dalam Yudaisme, bersama Netanyahu. Letaknya di wilayah pendudukan Israel di Yerusalem dan juga dikenal sebagai kompleks Masjid Al-Aqsa, situs tersuci ketiga dalam Islam. Selama perjalanan itu, Bolsonaro memilih untuk mengumumkan misi dagang non-diplomatik di kota tersebut daripada kedutaan penuh.

3. Memiliki Hubungan Panas dan Dingin

Fakta Hubungan Cinta dan Benci antara Brasil-Israel

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, krisis yang terjadi saat ini bukanlah pertama kalinya hubungan Brasil dan Israel memburuk.

Pada tahun 2014, Brasil – yang saat itu berada di bawah anak didik Lula, Presiden Dilma Roussef – mengkritik kekerasan Israel terhadap warga Palestina dan memanggil kembali duta besarnya untuk pembicaraan diplomatik. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel menanggapi hal ini dengan menggambarkan Brasil sebagai “orang kerdil diplomatis”, yang semakin meningkatkan ketegangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)