Iran Mengklaim Masuk 5 Negara Terbaik dalam Industri Nuklir

Rabu, 21 Februari 2024 - 16:50 WIB
loading...
Iran Mengklaim Masuk 5 Negara Terbaik dalam Industri Nuklir
Iran mengklaim masuk dalam 5 negara terbaik dalam industri nuklir. Foto/Reuters
A A A
TEHERAN - Ketua Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) Mohammad Eslami mengatakan negaranya berada di peringkat lima besar dalam industri nuklir meskipun sudah bertahun-tahun dikenakan sanksi oleh Barat.

Mohammad Eslami menyoroti pencapaian Iran dalam program energi nuklir damai, termasuk produksi air berat berkualitas tinggi.

“Iran termasuk di antara lima negara teratas dunia dalam banyak bidang seperti industri nuklir,” katanya, dilansir Press TV.

“Saat ini, kami berada di peringkat teratas dalam hal kualitas dan kemurnian air berat yang diproduksi tanpa bantuan asing berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di negara tersebut. Kami mampu mengambil bagian dalam pasokan dan ekspor air berat di pasar global.”

Eslami mencatat, air berat dapat digunakan untuk memproduksi mikroelektronika dan beberapa obat baru.



Dia lebih lanjut merujuk pada hambatan kemajuan ilmu pengetahuan Iran di sektor nuklir dan luar angkasa.

Organisasi Energi Atom Iran (AEOI) telah memulai pekerjaan konstruksi pembangkit listrik tenaga nuklir baru di provinsi pesisir selatan Iran, Hormozgan, dengan investasi sebesar USD15 miliar.

Selama beberapa tahun terakhir, Iran telah mencatat banyak pencapaian dalam program energi nuklirnya meskipun bertentangan dengan sanksi AS.

Negara ini juga telah bekerja sama erat dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) sebagai penandatangan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT).

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0955 seconds (0.1#10.140)