3 Negara Sekutu Mesir, Salah Satunya Negara Adidaya

Senin, 19 Februari 2024 - 21:50 WIB
loading...
3 Negara Sekutu Mesir, Salah Satunya Negara Adidaya
Mesir memiliki aliansi, termasuk negara adidaya. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Mesir merupakan negara yang memiliki posisi strategi dalam berbagai konflik di Timur Tengah, termasuk konflik Israel dan Palestina, hingga perang proksinya Iran. Posisi Mesir tetap disegani dan kokoh karena dia memiliki aliansi militer hingga dukungan dari berbagai negara.

Mesir juga aktif dalam berbagai kancang di panggung geopolitik, bukan sebagai penonton, tetapi aktor. Kairo menjadi mediator dalam perundingan Hamas dan Israel. Selain itu, Mesir juga memiliki posisi tegas dalam konflik di Laut Merah.

3 Negara Sekutu Mesir, Salah Satunya Negara Adidaya

1. Arab Saudi

3 Negara Sekutu Mesir, Salah Satunya Negara Adidaya

Foto/Reuters

Arab Saudi merupakan sekutu tradisional Mesir. Apa yang dilakukan Saudi, maka Mesir akan mengikuti. Apa yang menyangkut kepentingan Mesir, Arab Saudi juga akan membelanya.

Dalam perang Yaman, Mesir juga ikut membantu Saudi menggempur Houthi. Dalam isu rencana Israel menyerang Rafah yang berbatasan dengan Mesir, Saudi juga menentang langkah Israel tersebut.

Seperti diungkapkan, Moataz Bellah Abdel –Fattah dalam opininya di Daily News Egypt , terdapat pengakuan sejak awal bahwa kerja sama antara kedua negara sangat diperlukan untuk stabilitas di kawasan, dan oleh karena itu kedua negara perlu menemukan jalan keluar.

“Tidak akan ada kebangkitan Arab tanpa Arab Saudi, dan tidak ada bangsa Arab tanpa Mesir. Tanpa Mesir, yang menjadi penghalang keruntuhan negara-negara Arab, banyak negara Arab akan kembali ke keadaan kesukuan, persaingan dan klan yang saling bertikai," ungkapnya.

Dia mengungkapkan, tanpa Arab Saudi, yang merupakan kekuatan pendorong di kawasan Arab, kita akan tetap lemah, memohon hibah dan pinjaman dari pihak yang berkuasa dan hidup dari kemurahan hati pihak lain

Melansir Arab News, Dana investasi Mesir-Saudi juga dibentuk, dengan total $16 miliar disalurkan ke proyek-proyek investasi Saudi di beberapa provinsi Mesir. Ada sekitar 2.900 proyek Saudi di Mesir dan 1.300 proyek Mesir di Arab Saudi. Total investasi Saudi di Mesir bernilai hingga USD27 miliar.

Putra Mahkota Mohammed bin Salman telah melakukan beberapa kunjungan ke Kairo sejak tahun 2017, menyoroti aliansi antara kedua negara, dan banyak perjanjian bilateral serta kesepakatan proyek investasi telah ditandatangani sejak saat itu. Investasi Saudi yang paling penting di Mesir adalah di sektor jasa, termasuk energi, transportasi, logistik, kesehatan, dan pendidikan.


2. Uni Emirat Arab

3 Negara Sekutu Mesir, Salah Satunya Negara Adidaya

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)