3 Negara yang Kirim Drone Tempur untuk Menghancurkan Israel

Senin, 19 Februari 2024 - 20:20 WIB
loading...
3 Negara yang Kirim Drone Tempur untuk Menghancurkan Israel
Banyak negara mengirimkan drone tempur untuk menghancurkan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Konflik Israel dan Palestina memicu banyak kelompok dari berbagai negara ikut terlibat dan mengirimkan persenjataannya. Salah satunya adalah meluncurkan drone tempur dengan target menghancurkan militer Israel.

Drone yang dikirim untuk menghancurkan Israel itu memiliki kecanggihan dan keunggulan baik daya jelajah. Yang menarik, sebagian drone tempur itu berstatus sebagai kamikaze yang mampu meledak dan mematikan.

3 Negara yang Kirim Drone Tempur untuk Menghancurkan Israel

1. Yaman

3 Negara yang Kirim Drone Tempur untuk Menghancurkan Israel

Foto/Reuters

Kelompok Houthi yang menguasai Yaman mengatakan bahwa mereka melakukan serangan pesawat tak berawak atau drone berulang kali ke wilayah Israel.

Yang paling mematikan pada akhir tahun lalu, drone Houthi menargetkan kota pelabuhan Israel, Eilat.

Juru bicara militer Houthi Yahya Sarea mengatakan kelompok itu melakukan serangan pesawat tak berawak di Eilat dan “daerah lain di Palestina yang diduduki”. Sarea mengatakan kelompok itu juga meluncurkan rudal ke kapal MSC United di Laut Merah setelah kapal tersebut menolak tiga seruan peringatan.

Insiden ini terjadi di tengah ketegangan tinggi di Laut Merah, tempat kelompok Houthi menargetkan kapal-kapal komersial sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina selama berminggu-minggu.

Kelompok ini juga telah meluncurkan rudal dan drone ke Israel, yang telah melancarkan serangan dahsyat di daerah kantong Gaza yang terkepung di mana mereka memerangi kelompok bersenjata Palestina Hamas menyusul serangan mematikan di Israel selatan pada tanggal 7 Oktober.


2. Lebanon

3 Negara yang Kirim Drone Tempur untuk Menghancurkan Israel

Foto/Reuters

Kelompok pejuang Hizbullah dari Lebanon menyerang Israel pada 9 Januari 2024 menggunakan drone kamikaze. Drone tersebut menargetkan pangkalan Komando Utara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di kota Safed di Israel utara.

“Drone adalah salah satu dari beberapa ancaman Hizbullah yang meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Hizbullah telah sering menggunakan drone untuk menargetkan Israel setelah serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober. Penting bagi Hizbullah untuk dicegah dan dicegah untuk melanjutkan serangan terhadap Israel utara,” kata Seth J. Frantzman, peneliti Foundation for Defense of Democracies.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1057 seconds (0.1#10.140)