4 Fakta Kota Avdiivka, Wilayah yang Kembali Direbut Rusia dari Tangan Ukraina

Senin, 19 Februari 2024 - 20:40 WIB
loading...
4 Fakta Kota Avdiivka, Wilayah yang Kembali Direbut Rusia dari Tangan Ukraina
Kota Avdiivka direbut kembali Rusia setelah kemunduran tentara Ukraina. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Kota Avdiivka merupakan kota kecil yang baru saja berhasil direbut Rusia setelah Ukraina menarik pasukannya dari wilayah itu. Perebutan ini lantas dianggap sebagai kemenangan penting bagi Putin.

Dilansir dari Al Jazeera, perebutan Kota Avdiivka diinformasikan oleh Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu dalam pertemuan Kremlin 17 Februari 2024. Pertempuran di kota tersebut sebenarnya telah berjalan selama berbulan-bulan.

Lantas mengapa keberhasilan Rusa dalam mengambil alih Kota Avdiivka ini dianggap sebagai "kemenangan penting" oleh Putin? Rupanya hal tersebut berkaitan dengan fungsi kota tersebut yang akan dijelaskan dalam beberapa fakta berikut.

4 Fakta Kota Avdiivka

1. Lokasi Kota Avdiivka

Kota Avdiivka yang memiliki populasi sekitar 32 ribu jiwa sebelum invasi Rusia dimulai ini berada di kawasan industri Donbas wilayah Ukraina Timur. Tepatnya di utara Kota Donetsk yang saat ini masih diduduki Kremlin.


2. Pernah Diduduki Rusia Pada 2014

Ini rupanya bukan kali pertama Rusia menduduki kota tersebut. Pada tahun 2014 lalu, Kremlin sempat mengakuisisi kota itu melalui kelompok separatis dukungan Moskow yang merebut sebagian besar wilayah timur Ukraina.

Namun perebutan ini hanya sementara, karena Ukraina pada tahun yang sama langsung mampu merebut kembali Kota Avdiivka.

3. Banyak Korban Jiwa Semenjak Invasi Rusia di Kota Avdiivka

Analis militer Ukraina mengungkapkan jika serangan Rusia terhadap Kota Avdiivka telah menimbulkan banyak korban jiwa. Bahkan intelijen Inggris mengungkapkan jika perang di wilayah tersebut menyumbang korban jiwa terbanyak selama perang.

Dari pihak Ukraina menuding Rusia telah banyak membunuh warga mereka, namun dari pihak Kremlin juga mengaku jika pihak mereka mengalami banyak kerugian.

4. Kota Kunci Bagi Rusia

Pada akhir Januari 2024, Putin sempat mengungkapkan seberapa pentingnya Kota Avdiivka bagi Rusia. Dari situlah militer mereka mulai menggencarkan serangan udaranya.

Kota Avdiivka sendiri dianggap sebagai kunci tujuan Rusia untuk mengamankan kendali penuh atas dua provinsi Donbas, Donetsk, dan Luhansk.

Kota kecil ini dianggap Rusia sebagai pintu gerbang menuju Donetsk. Dengan merebut wilayah ini maka moral tentara Rusia akan dapat meningkat dan mendemoralisasi pasukan Ukraina.

Itulah beberapa fakta tentang Kota Avdiivka yang baru saja direbut oleh Rusia. Karena dianggap sebagai kota kunci, tak heran jika Putin menganggap perebutan kota ini sebagai kemenangan besar.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)