5 Arti Penting Kemenangan Avdiivka bagi Rusia

Minggu, 18 Februari 2024 - 22:22 WIB
loading...
5 Arti Penting Kemenangan Avdiivka bagi Rusia
Kemenangan Avdiivka di Donbas, Ukraina, menjadi arti penting bagi Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Avdiivka, sebuah kota industri kecil di wilayah timur Donbas, telah menjadi simbol perlawanan Ukraina terhadap agresi Rusia sejak tahun 2014.

Kota ini dekat dengan kota Donetsk, yang dikuasai kelompok separatis pro-Rusia sebagai ibu kota mereka dan tempat para pejuang dukungan Moskow mengambil alih kekuasaan pada Juli 2014 sebelum pasukan Ukraina kembali mengambil kendali.

Kota ini kini sebagian besar telah hancur dan terbengkalai, dengan sebagian besar penduduk sebelum perang yang berjumlah sekitar 34.000 jiwa telah mengungsi.

5 Arti Penting Kemenangan Avdiivka bagi Rusia

1. Tentara Rusia Mampu Membalikkan Keadaan

5 Arti Penting Kemenangan Avdiivka bagi Rusia

Foto/Reuters

Avdiivka “telah menjadi simbol tekad Ukraina di medan perang dan kegagalan militer Rusia,” kata analis Ivan Klyszcz dari Pusat Pertahanan dan Keamanan Internasional yang berbasis di Estonia, dilansir The Moscow Times.

Namun hal ini “secara strategis tidak signifikan,” tambah Gustav Gressel, peneliti kebijakan senior di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa.

“Ini akan menjadi langkah yang baik bagi serangan Ukraina” terhadap kota Donetsk, namun Ukraina tidak dapat melakukan serangan seperti itu setidaknya selama dua tahun dan “tidak masuk akal untuk mengorbankan tentara sekarang,” katanya.

2. Menentukan untuk Kemenangan Pemilu Presiden bagi Putin

Melansir The Moscow Times, bagi Vladimir Putin, yang terpilih kembali sebagai presiden Rusia pada bulan Maret dan sudah dipastikan akan diberangus atau diasingkan oleh oposisi, Avdiivka adalah “kemenangan yang signifikan,” menurut Institute for the Study of War yang berbasis di AS.


3. Lebih Berat Dibandingkan Perang Bakhmut

5 Arti Penting Kemenangan Avdiivka bagi Rusia

Foto/Reuters

Juru bicara salah satu unit militer utama Ukraina mengatakan pertempuran selama berbulan-bulan untuk memperebutkan Avdiivka bahkan lebih sengit daripada pertempuran berdarah di Bakhmut, kota industri lain di timur yang diklaim telah direbut oleh kelompok paramiliter Rusia Wagner pada Mei 2023.

Oleksandr Borodin dari brigade penyerangan ketiga Ukraina menunjuk pada pengerahan besar-besaran alat berat dan kekuatan udara Rusia, dengan pemboman hebat yang menghujani posisi Ukraina dalam beberapa hari terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0825 seconds (0.1#10.140)