7 Negara Arab yang Dapat Mengalahkan Militer Israel

Jum'at, 16 Februari 2024 - 18:15 WIB
loading...
A A A

6. Iran


Iran punya kekuatan militer yang besar dan berada di peringkat 13 dari 145 negara dalam tinjauan tahunan Global Firepower dengan skor Power Index sebesar 0.22691. Iran memiliki beberapa kemampuan militer yang penting dalam konflik dengan Israel.

Teheran punya kemampuan rudal balistik yang luas dan telah menunjukkan kemampuannya meluncurkan serangan rudal jarak jauh.

Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) secara terbuka menyatakan bahwa pangkalan Amerika Serikat (AS) di Timur Tengah, serta pangkalan Israel di Tel Aviv dan Haifa, berada dalam jangkauan rudal balistiknya.

Kekuatan angkatan laut Iran mampu mengancam navigasi di Teluk Persia dan Selat Hormuz. Ini adalah jalur pengiriman minyak yang penting dan potensial untuk digunakan sebagai titik tekanan strategis.

Teheran punya kemampuan tak konvensional yang meliputi penggunaan mitra dan proxy di luar negeri. Iran telah mendukung berbagai kelompok pejuang dan politik di Timur Tengah, termasuk Hizbullah di Lebanon dan Hamas di Gaza.

Iran dan Israel telah terlibat dalam apa yang sering disebut “perang bayangan”, di mana kedua negara melakukan operasi dan serangan tidak langsung satu sama lain.

Misalnya, Iran telah menyalahkan Israel atas ledakan misterius yang menghancurkan fasilitas pengayaan uranium di Natanz. Israel juga kerap membunuh tokoh militer dan pakar nuklir Iran di berbagai negara.

7. Arab Saudi


Arab Saudi punya kekuatan militer yang signifikan dan berada di peringkat 17 dari 145 negara dalam tinjauan tahunan Global Firepower1.

Beberapa kemampuan militer Arab Saudi ini penting dalam konteks konflik dengan Israel.

Saudi merupakan salah satu angkatan udara terkuat di Timur Tengah, dengan armada pesawat tempur yang modern dan canggih1. Ini termasuk pesawat tempur F-15 dan Eurofighter Typhoon, serta armada pesawat pengebom dan serangan darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)