Kekuatan Militer Afghanistan, Negara Asia yang Sarat Konflik

Jum'at, 16 Februari 2024 - 16:45 WIB
loading...
Kekuatan Militer Afghanistan, Negara Asia yang Sarat Konflik
Anggota Taliban duduk di kendaraan militer selama parade di Kabul, Afghanistan, 14 November 2021. Foto/REUTERS/Ali Khara
A A A
KABUL - Kekuatan militer Afghanistan menjadi ulasan menarik untuk diketahui. Pada riwayatnya, negara ini menjadi salah satu yang paling sering terlibat konflik, baik internal maupun eksternal.

Afghanistan merupakan sebuah negara terkurung daratan di persimpangan Asia Tengah dan Asia Selatan.

Wilayahnya berbatasan dengan Pakistan di timur dan selatan, Iran di barat, Turkmenistan di barat laut, Uzbekistan di utara, hingga Tajikistan dan China di timur laut.

Melihat ke belakang, Afghanistan menjadi salah satu negara di dunia yang paling sering terlibat konflik bersenjata. Selama beberapa tahun terakhir, negara tersebut bahkan telah dikuasai oleh kelompok pejuang Taliban.

Lantas, seperti apa sebenarnya kekuatan militer dari Afghanistan ini? Simak ulasannya berikut sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (16/2/2024).

Kekuatan Militer Afghanistan

1. Skor dan Peringkat


Pemeringkatan Global Fire Power (GFP) 2024 menempatkan Afghanistan berada di urutan ke-115 dari 145 negara yang masuk tinjauan. Skor indeksnya sendiri adalah 2,2715.

Jika dibandingkan dengan yang lain, peringkat Afghanistan masih berada di atas sejumlah negara. Misalnya, seperti Bosnia & Herzegovina (116), Eritrea (117) Lebanon (118), dan lainnya.

2. Anggaran Pertahanan


Anggaran pertahanan sebuah negara kerap dijadikan sebagai salah satu aspek untuk menunjang kekuatan militernya.

Melihat kondisi dan statusnya, Afghanistan memiliki angka yang lumayan jika dibandingkan negara-negara lain. Hal ini dikarenakan bantuan yang sebelumnya sempat dikeluarkan Amerika Serikat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1171 seconds (0.1#10.140)