Kereta Cepat Segera Beroperasi di Saudi, Jeddah-Madinah 75 Menit

Selasa, 17 Juli 2018 - 10:41 WIB
Kereta Cepat Segera Beroperasi di Saudi, Jeddah-Madinah 75 Menit
Kereta Cepat Segera Beroperasi di Saudi, Jeddah-Madinah 75 Menit
A A A
JEDDAH - Proyek kereta cepat di Arab Saudi hampir rampung. Moda transportasi yang bisa melakukan perjalanan dari Jeddah ke Madinah dalam waktu 75 menit ini diprediksi beroperasi usai musim haji 2018.

Pemerintah Arab Saudi memprioritaskan rute untuk kereta cepat ini pada tiga kota, yakni Jeddah, Madinah, dan Makkah.

Untuk menunjukkan kesiapan operasional, Pemerintah Arab Saudi mengundang sejumlah jurnalis dari berbagai negara, termasuk dari Indonesia, ke King Abdullah Economic City (KAEC).

Dia kawasan bisnis yang berjarak 100 km dari Kota Jeddah itulah dibangun stasiun pusat yang akan melayani Kereta Cepat Haramain.

“Menurut jadwal, kereta cepat ini akan dioperasikan segera setelah musim haji 2018. Sejauh ini, segala persiapan sudah hampir selesai,” kata Operational and Maintenance Supervisor KAEC Station, Saleem Mohammad Amin Bakhsh, Senin (16/7/2018).

Selain di KAEC, stasiun yang melayani kereta cepat ini juga disiapkan di Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, King Abdulaziz Street-East di Madinah, dan Rusaiyfah di Makkah.

Satu rangkaian kereta dapat memuat 470 orang penumpang, baik kelas bisnis maupun kelas ekonomi.

Kereta pabrikan Spanyol tersebut memiliki teknologi canggih dengan kecepatan maksimal 300 km/jam dan hanya memerlukan waktu tempuh 75 menit dari Jeddah menuju Madinah.
Perjalanan dari Jeddah ke Makkah juga akan memakan waktu yang lebih singkat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3084 seconds (0.1#10.140)