10 Kapal Ikonik Terbaik di Dunia

Kamis, 15 Februari 2024 - 18:18 WIB
loading...
10 Kapal Ikonik Terbaik di Dunia
RMS Titanic merupakan salah satu kapal paling ikonik di dunia. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Sepanjang sejarah, kapal- kapal tertentu mendapatkan ketenaran dan prestise karena ukurannya yang mengesankan, desain inovatif, makna sejarah, atau fasilitas mewahnya.

Kapal-kapal ikonik ini menarik imajinasi masyarakat pada masanya dan banyak di antaranya yang masih memiliki makna budaya hingga saat ini.

10 Kapal Ikonik Terbaik di Dunia

1. RMS Titanic

10 Kapal Ikonik Terbaik di Dunia

Foto/Reuters

Melansir infoguidenigeria, tidak ada kapal yang lebih terkenal dari RMS Titanic. Kapal penumpang raksasa asal Inggris ini adalah kapal terbesar di dunia pada saat pelayaran perdananya pada tahun 1912. Kapal ini dirancang untuk menjadi kapal laut paling mewah dan mengesankan pada zamannya.

Namun, Titanic paling dikenang karena tenggelam secara tragis pada pelayaran pertamanya setelah menabrak gunung es, yang mengakibatkan lebih dari 1.500 kematian. Pengetahuan dan tragedi Titanic menjadikannya kapal paling terkenal dalam sejarah.

2. RMS Queen Mary

RMS Queen Mary adalah salah satu kapal laut termegah dan elegan pada tahun 1930-an. Dia memegang rekor penyeberangan transatlantik tercepat pada saat itu dan memiliki interior Art Deco yang mewah.

Selama Perang Dunia II, ia digunakan sebagai kapal pasukan dan sempat bertugas sebagai hotel terapung sebelum menjadi hotel dan museum yang berlabuh secara permanen di Long Beach, California pada tahun 1967. Hingga hari ini, Queen Mary yang megah tetap menjadi ikon zaman keemasan perjalanan transatlantik.

3. USS Enterprise

Melansir infoguidenigeria, kapal induk USS Enterprise mewakili kekuatan angkatan laut Amerika dan inovasi teknologi selama lebih dari 50 tahun. Dia melihat aksi dalam Perang Dunia II dan Krisis Rudal Kuba, kemudian melanjutkan layanannya selama era Perang Vietnam dan Perang Dingin.

Dengan delapan reaktor nuklir yang menghasilkan kecepatan tertinggi lebih dari 30 knot, kapal ini adalah kapal induk bertenaga nuklir pertama di dunia. “Big E” dinonaktifkan pada tahun 2012 setelah bertugas selama 51 tahun.Panduan InformasiNigeria

4. RMS Lusitania

Diluncurkan pada tahun 1906, kapal Inggris RMS Lusitania sempat memegang rekor kapal penumpang terbesar di dunia. Dia melakukan penyeberangan transatlantik dengan gaya mewah dan mampu mengangkut hampir 2.000 penumpang.

Tenggelamnya U-boat Jerman di Lusitania pada tahun 1915 berkontribusi pada masuknya Amerika Serikat ke dalam Perang Dunia I dan menyebabkan kemarahan internasional. Saat ini bangkai kapal Lusitania tetap menjadi simbol tragedi masa perang di laut.

5. USS Constitution

Melansir infoguidenigeria, ditugaskan pada tahun 1797, USS Constitution adalah kapal angkatan laut tertua yang masih bertahan. Fregat Angkatan Laut AS ini mendapat julukan “Old Ironsides” setelah bola meriam terlihat memantul dari lambung kapal selama Perang tahun 1812.

Kapal tersebut berperan sebagai ikon kekuatan dan ketekunan Amerika, mempertahankan jalur laut dari bajak laut dan musuh selama lebih dari 50 tahun. Konstitusi USS masih dapat dikunjungi hingga saat ini di Pelabuhan Boston sebagai museum warisan angkatan laut bangsa. 15 Kapal Ikonik dan Bergengsi Terbaik di Dunia

6. Santa Maria

Santa Maria adalah kapal utama ekspedisi Christopher Columbus ke Dunia Baru pada tahun 1492. Kemungkinan besar kapal tersebut adalah kapal kargo lambat namun kokoh yang disewa oleh kerajaan Spanyol.

Columbus mengarunginya dari Spanyol ke Bahama, menjadi orang Eropa pertama yang menjelajahi benua Amerika. Meskipun Santa Maria secara tidak sengaja kandas pada tahun itu, ia mengabadikan dirinya dan kaptennya dengan mempelopori salah satu pelayaran penemuan yang paling berdampak dalam sejarah.

7. Golden Hind

Pada abad ke-16, Golden Hind menjadi kapal Inggris pertama yang berhasil mengelilingi dunia di bawah kapten Sir Francis Drake. Dia dimulai sebagai Pelican tetapi diganti namanya di tengah perjalanan oleh Drake.

Melansir infoguidenigeria, selama lebih dari dua tahun, Golden Hind berkeliling dunia menyerbu kapal-kapal dan bangunan-bangunan Spanyol sebelum kembali ke rumah dengan membawa harta karun. Dia membantu mengubah Drake menjadi komandan legendaris dan pahlawan nasional. Replika kapal dapat dilihat di museum maritim saat ini.15 Budaya Terindah di Nigeria

8. HMS Beagle

Meskipun lebih kecil dari banyak kapal terkenal, HMS Beagle memiliki dampak yang sangat besar sebagai kapal survei yang membawa naturalis Charles Darwin dalam ekspedisi formatifnya untuk mempelajari satwa liar dari Inggris hingga Kepulauan Galapagos pada tahun 1830-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)